Meta Rencanakan PHK di Unit Pembuatan Silicon Khusus Metaverse
Meta berencana PHK karyawan yang bekerja dalam pengembangan metaverse. (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Meta Platform Inc.,  berencana untuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada Rabu 4 Oktober di unit Reality Labs yang berorientasi pada metaverse fokus pada pembuatan silicon kustom. Hal ini dikatakan dua sumber yang akrab dengan masalah ini kepada Reuters pada Selasa, 3 Oktober.

Karyawan sudah diberitahu tentang rencana pemutusan hubungan kerja dalam sebuah posting di forum diskusi internal Meta Workplace pada Selasa lalu. Menurut salah satu sumber, posting tersebut mengatakan bahwa mereka akan diberitahu tentang status mereka dengan perusahaan pada Rabu pagi.

Jurubicara Meta menolak untuk mengomentari rencana tersebut. Reuters juga tidak dapat menentukan sejauh mana pemotongan di unit silicon tersebut, yang disebut Facebook Agile Silicon Team atau FAST.

Jika pemotongan tersebut cukup dalam, itu bisa menghambat proyek CEO Meta, Mark Zuckerberg, untuk membangun produk augmented dan virtual reality yang memungkinkan akses ke serangkaian dunia virtual yang mendalam yang dikenal sebagai "metaverse." Ini terutama kacamata AR yang ia prediksi "akan mendefinisikan ulang hubungan manusia dengan teknologi."

Unit FAST, yang memiliki sekitar 600 karyawan, bekerja pada pengembangan chip khusus untuk melengkapi perangkat Meta agar dapat melakukan tugas-tugas unik dan beroperasi dengan lebih efisien, membedakannya dari yang lain yang memasuki pasar AR/VR yang baru berkembang.

Namun, Meta telah kesulitan membuat chip yang dapat bersaing dengan silicon yang diproduksi oleh penyedia eksternal dan telah berbalik kepada produsen chip Qualcomm untuk memproduksi chip untuk perangkatnya yang saat ini beredar di pasaran.

Pembaruan FAST telah diharapkan sejak musim semi, ketika Meta mempekerjakan eksekutif baru untuk memimpin unit tersebut.

Unit pembuatan chip terpisah dalam divisi infrastruktur Meta yang berfokus pada pekerjaan kecerdasan buatan juga mengalami kendala. Eksekutif yang mengawasi upaya-upaya tersebut mengumumkan kepergiannya minggu lalu, meskipun Meta telah menunjuk seseorang lain untuk menggantikan perannya dan melanjutkan upaya tersebut.

Saat ini, Meta membuat serangkaian headset realitas campuran yang disebut Quest dan kacamata cerdas yang dirancang dengan pembuat kacamata Ray-Ban, EssilorLuxottica, yang dapat melakukan streaming video dan berkomunikasi dengan pemakai melalui asisten virtual AI baru.

Perusahaan tersebut mengumumkan versi baru dari kacamata cerdas dan headset Quest berorientasi konsumen, Quest 3, dalam konferensi tahunan Connect pekan lalu.

Perusahaan juga sedang mengerjakan kacamata AR yang lebih menantang secara teknis dan kurang bulky yang lebih mirip kacamata biasa, bersama dengan smartwatch terkait, menurut salah satu sumber.

"Versi pertama dari produk tersebut dijadwalkan akan selesai tahun depan, meskipun awalnya Meta tidak berencana untuk membuatnya tersedia secara luas kepada konsumen," kata sumber tersebut.

Meta telah mengurangi sekitar 21.000 pekerjaan sejak November tahun lalu karena berusaha untuk meyakinkan para investor bahwa mereka telah mengendalikan biaya di tengah pertumbuhan pendapatan yang melambat, inflasi tinggi, dan kekhawatiran bahwa Reality Labs kehilangan terlalu banyak uang.

Dalam pernyataan pada Maret, Zuckerberg mengatakan sebagian besar pemutusan hubungan kerja tahun ini akan terjadi pada musim semi, tetapi bahwa "dalam sejumlah kecil kasus, mungkin akan berlangsung hingga akhir tahun untuk menyelesaikan perubahan-perubahan ini."