Meta Platforms Inc. Rilis Model Kecerdasan Buatan 'Code Llama' untuk Menulis Kode Komputer
Code Llama dari Meta akan tersedia secara gratis (foto: twitter @MetaAI)

Bagikan:

JAKARTA -Meta Platforms Inc., perusahaan di belakang Facebook dan Instagram, mengumumkan bahwa mereka akan merilis model kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk membantu dalam menulis kode komputer, yang memperluas dorongan mereka dalam teknologi baru tersebut.

Model AI yang diberi nama Code Llama akan tersedia secara gratis dan dapat menulis kode berdasarkan petunjuk teks manusia serta dapat digunakan untuk melengkapi kode dan debugging, demikian diungkapkan oleh raksasa media sosial ini dalam sebuah pos di blog mereka.

Sejak diluncurkannya ChatGPT oleh OpenAI pada akhir tahun lalu, perusahaan dan bisnis telah bergegas ke pasar AI generatif yang baru untuk mendapatkan kemampuan baru dan menyempurnakan proses bisnis mereka.

Meta, yang memiliki Facebook dan Instagram, telah merilis sejumlah model AI, sebagian besar gratis, tahun ini, termasuk model bahasa sumber terbuka yang disebut Llama yang menjadi tantangan serius bagi model-model milik OpenAI yang didukung oleh Microsoft dan Google milik Alphabet.

Menurut Meta, model AI baru ini dibangun di atas model bahasa Llama 2 terbaru dari Meta dan akan tersedia dalam konfigurasi yang berbeda, ketika mereka bersiap untuk bersaing dengan alat penulisan kode GitHub Copilot milik Microsoft.

"Code Llama mendukung bahasa pemrograman populer seperti Python, Java, dan C++ dan tidak disarankan untuk tugas teks umum," kata Meta dalam rilisnya.