Bagikan:

YOGYAKARTA - Demi menunjang kualitas ASI serta tumbuh kembang bayi maka kalian selaku ibu menyusui mesti menjaga yang namanya pola makan dengan baik. Lantas seperti apakah pola makan ibu menyusui yang baik itu?

Menyusui bukanlah pekerjaan yang ringan sehingga perlu didukung dengan banyak nutrisi. Terlebih, menyusui menghabiskan banyak tenaga serta nutrisi yang terdapat di badan ibu menyusui. Untuk itu, penting memelihara pola makan busui yang sediakan nutrisi yang diperlukan sepanjang menyusui.

Sebagian nutrisi penting yang diperlukan tersebut diantaranya asupan protein, kalsium, bezi, yodium, vitamin D, serta vitamin yang lain. Dan, upayakan buat selalu makan secara tertib serta menyertakan beberapa macam makanan sehat.

Pola Makan Ibu Menyusui

Makan dengan baik sepanjang menyusui sedianya membantu Kalian memenuhi kebutuhan nutrisi tambahan serta tuntutan menjaga bayi baru lahir. Upayakan pula buat mengosongkan waktu di sela-sela kesibukan Kalian buat makan secara teratur, termasuk makanan dari semua kelompok makanan, seperti dilansir dari laman Better Health.

Butuh dikenal kalau menyusui khususnya membakar banyak tenaga. Sebagian tenaga yang terdapat berasal dari lemak yang disimpan selama mengandung mungkin bakal terkuras. Tetapi, busui senantiasa perlu makan camilan ekstra buat penuhi kebutuhan energinya.

Penurunan berat badan yang stabil ke berat badan sebelum berbadan dua hendaknya jadi tujuannya serta bukan penurunan berat badan yang cepat. Karenanya, pakai pola makan yang pas buat senantiasa melindungi kebutuhan nutrisi sepanjang menyusui terpenuhi dan mengontrol berat badan di angka yang stabil.

Pilih Makanan Padat Nutrisi Sepanjang Menyusui

Memproduksi ASI sangatlah menuntut badan serta memerlukan kalori ekstra secara keseluruhan dan nutrisi khusus yang lebih besar. Kenyataannya, kebutuhan tenaga ibu menyusui diperkirakan bertambah sekitar 500 kalori per hari. Kebutuhan nutrisi tertentu, termasuk protein, vitamin D, vitamin A, vitamin E, vitamin C, B12, selenium, serta zinc pula bertambah.

Inilah sebabnya kenapa mengkonsumsi bermacam masakan utuh yang padat nutrisi sangat penting buat kesehatan Kalian serta bayi. Memilih santapan yang kaya nutrisi tersebut pastinya bisa menolong memastikan busui memperoleh seluruh zat gizi makro serta mikro yang Kalian serta Si Kecil butuhkan.

Berikut ini beberapa pilihan makanan bergizi serta lezat yang butuh diprioritaskan saat menyusui:

  1. Ikan serta makanan laut semacam salmon, rumput laut, kerang, sarden.
  2. Daging serta unggas semacam ayam, sapi, domba, serta yang lain.
  3. Buah-buahan serta sayur-mayur semacam beri, tomat, paprika, kubis, kangkung, brokoli.
  4. Kacang-kacangan serta biji-bijian semacam almond, walnut, chia seeds, serta yang lain.
  5. Lemak sehat semacam alpukat, minyak zaitun, kelapa, telur, yogurt.
  6. Pati kaya serat semacam kentang, ubi jalar, kacang-kacangan, lentil, oat, serta yang lain.
  7. Makanan sehat yang lain semacam tahu, kimchi, asinan, serta lainnya.

Sepanjang menyusui, panduan santapan tersebut memanglah penting dipenuhi namun Kalian bisa memenuhinya dengan tidak cuma terbatas pada makanan di atas saja.

Sesekali, Kalian mungkin bisa menikmati makanan kesukaan yang menyehatkan. Namun, hendaknya Kalian senantiasa mengurangi asupan makanan olahan semacam makanan cepat saji serta sereal yang manis sebanyak mungkin. Kebalikannya, tetaplah memilah makanan yang lebih bergizi seperti dikatakan Adda Bjarnadottir, MS, RDN, yang dilansir dari laman Healthline.

Selain itu menurut dokter, ternyata “Menyusui Anak Cukup 15 - 30 Menit”.

Jadi setelah mengetahui pola makan ibu menyusui, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!