Tips Diet saat Menyusui agar Asupan Nutrisi pada Bayi Tetap Terpenuhi
Ilustrasi ibu menyusui (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak ibu-ibu yang mengalami kenaikan berat badan setelah melahirkan. Tidak sedikit wanita yang kemudian merasa kurang percaya diri dan ingin menurunkan berat badan. Lantas bagaimana cara menjalankan diet saat menyusui yang aman dan sehat bagi busui?

Diet saat menyusui memang jadi tidaklah mudah, mengingat ibu harus sering memberi ASI kepada bayinya. Busui harus selalu siaga ketika bayinya butuh susu baik di siang maupun malam hari. Aktivitas tersebut membuat ibu butuh banyak energi, sehingga jadi mudah lapar atau kerap mengonsumsi makanan. 

Namun kondisi menyusui sebenarnya tidak menjadi penghalang bagi ibu untuk menjalankan program diet. Tetapi ibu harus tahu cara melakukan diet yang aman saat menyusui. 

Tips Diet saat Menyusui

Kenaikan berat badan setelah melahirkan sebenarnya adalah hal yang wajar dialami oleh busui. Sebab pada kondisi ini ibu membutuhkan banyak asupan makanan untuk mengisi energi. Namun diet saat menyusui tetap bisa dijalankan dengan beberapa tips berikut ini. 

Mengatur Porsi Makan

Salah satu tips yang perlu dilakukan oleh ibu yang ingin diet saat menyusui adalah dengan mengatur porsi makan. Biasanya ibu yang sedang menyusui akan banyak makan karena butuh energi ekstra. 

Jadi untuk bisa menurunkan berat badan, ibu perlu mengatur porsi makannya. Busui dapat mengurangi porsi makannya jadi lebih sedikit dari biasanya. Anda bisa memilih makanan yang rendah kadar gula dan karbohidrat. Namun Anda juga tidak boleh mengabaikan kecukupan nutrisi bagi bayi. 

Olahraga secara Teratur

Untuk bisa menurunkan berat badan saat menyusui, ibu juga perlu berolahraga secara teratur. Olahraga tidak hanya membantu membuang lemak di tubuh, namun juga bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh ibu yang sedang menyusui. 

Ibu tidak perlu menjalani olahraga berat. Busui dapat melakukan olahraga-olahraga ringan, seperti jalan santai, squad, dan sebagainya. Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, olahraga juga membantu menghilangkan stres dan membuat tidur lebih nyenyak. 

Mengonsumsi Makanan Sehat

Saat menjalankan diet, ibu menyusui juga harus memperhatikan kecukupan nutrisi pada bayinya. Jadi selain mengurangi porsi makan, busui juga wajib mengonsumsi makanan sehat. 

Anda bisa memperbanyak makan buah-buahan dan sayuran, terlebih makanan yang berserat dan sedikit lemak. Selain itu, Anda juga bisa mengubah kebiasaan mengonsumi makanan yang digoreng diganti dengan makanan yang direbus. 

Demikianlah beberapa tips diet saat menyusui yang bisa diterapkan oleh ibu pasca melahirkan. Ingat, saat menjalankan diet, busui juga harus memperhatikan asupan nutrisi bagi bayinya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.