3 Kiat Sehat Menggoreng Telur Tanpa Minyak
Ilustrasi Menggoreng Telur (Kamaji Ogino/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Menyantap telur goreng memang lezat rasanya, apalagi jika dimakan bersama nasi goreng. Sayangnya, telur memiliki jumlah kolesterol cukup tinggi. Dalam satu butir telur terkandung sekitar 70 kalori. Apalagi jika Anda memasak dengan cara digoreng menggunakan minyak atau mentega. Kalori di dalam telur matang bisa mencapai hampir 90 kalori.

Meski begitu Anda tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa menikmati telur goreng dengan mengubah cara memasaknya tanpa menggunakan minyak. Ini merupakan solusi makan enak tanpa harus memikirkan bahaya bagi kesehatan. Seperti dilansir dari laman Food One How To, Jumat, 19 Februari begini cara memasak telur tanpa minyak:

Menggunakan Plastik Ziplock

Caranya, masukkan telur ke dalam mangkuk berisi cabai dan bawang. Siapkan plastik ziplock. Kemudian masukkan telur ke dalam plastik, tutup perekatnya dan kocok hingga menyatu. Setelah itu masak air hingga mendidih dan rendam plastik berisi telur di dalamnya sampai telur matang. Terakhir, angkat dan tuang telur di atas piring untuk dinikmati bersama mie rebus atau roti panggang.

Memakai Wajan Anti Lengket

Wajan anti lengket atau berlapisan teflon dapat digunakan untuk memasak tanpa menggunakan minyak tambahan. Ini karena lapisan anti lengketnya membuat bahan makanan tidak melekat pada permukaan wajan. Caranya mudah, cukup panaskan wajan di atas kompor, setelah itu tuangkan telur dan masak hingga matang.

Menggunakan Microwave

Telur dimasak dengan microwave pada dasarnya bukan telur goreng, tetapi secara tampilan dan rasa mirip telur goreng. Caranya pecahkan telur dalam mangkuk. Kemudian masukkan mangkuk ke dalam microwave dan panaskan selama 40 detik jika ingin telur setengah matang.

Pastikan untuk menggunakan suhu sedang. Tinggi suhu sesuaikan dengan jenis oven microwave yang digunakan karena tiap merek berbeda. Jika punya oven gas atau listrik Anda bisa memasak telur dalam oven ini.