Buah Zuriat: Kandungan, Manfaat, dan Cara Mengonsumsinya untuk Kesehatan
Buah zuriat (Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah zuriat secara rutin. 

Buah ini cukup susah ditemukan di Indonesia, namun sangat mudah didapatkan di negara Timur Tengah. Oleh sebab itu, buah zuriat kerap digunakan sebagai oleh-oleh jemaah haji atau umroh. 

Apa Itu Buah Zuriat?

Buah zuriat atau bisa disebut doum palm, buah doum dan palem Afrika merupakan buah yang berasal dari kawasan Afrika Utara dan tumbuh subur di sepanjang Sungai Nil di Mesir dan Sudan. Kendati demikian buah ini juga banyak di Jual di Arab Saudi.

Buah dengan nama latin hyphaene thebaica L ini banyak sekali dicari oleh masyarakat Indonesia karena disebut mengandung nutrisi dalam jumlah yang besar serta bermanfaat untuk kesehatan.

Ada tiga jenis buah zuriat yang dapat kita temui di negara-negara Timur Tengah, yakni buah zuriat Madinah, buah zuriat Mesir, dan buah zuriat Sudan. 

Perbedaan ketiga jenis buah zuriat ini terletak pada warnanya. Buah zuriat madinah bewarna coklat kehitaman, sedangkan ciri buah zuriat Mesir dan buah zuriat Sudan bewarna coklat muda.  

Kandungan Buah Zuriat 

Buah zuriat memiliki rasa dan aroma yang khas, seperti roti jahe atau sedikit mirip dengan gula merah. Di dalam buah zuriat terdapat karbohidrat dan serat dalam jumlah yang cukup besar. 

Selain itu, tentunya terdapat juga kandungan vitamin dan mineral di dalam buah doum, seperti vitamin B kompleks (vitamin B1, b2, B3, B6, B9 dan B12), kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Pohon buah zuriat (Wikimedia Commons)

 Buah ini juga mengandung senyawa fenol dan flavonoid dalam jumlah besar, yakni senyawa yang berperan sebaga antioksidan, dan antibakteri yang cukup signifikan. 

Tak hanya sampai di situ, palem Afrika juga merupakan sumber asam amino esensial seperti fenilalanin, leusin, valin, dan isoleusin. Kandungan asam amino paling banyak ditemukan di dalam daging buah. 

Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan

Masyarakat Mesir kerap mengolah buah zuriat sebagai minuman trasdisional. Sebab, buah zuriat memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, mengingat ada banyak sekali nutrisi yang dikandung buah tersebut. 

Adapun manfaat buat zuriat untuk kesehatan antara lain: 

1. Obat Hipertensi

Sejumlah studi menunjukkan bahwa buah zuriat memiliki aktivitas untuk menurunkan tekanan darah tinggi alias sebagai anti hipertensi. 

Hipertensi merupakan penyakit yang sangat umum ditemui di Indonesia.  Pada tahap awal hipertensi, mungkin ditemukan adanya gejala. Akan tetapi kondisi ini bisa memicu masalah kesehatan yang lebih seirus jika tidak ditangani dengan baik. 

Berdasarkan hasil penelitian, buah zuriat memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sementara itu, diet tinggi serat dapat membantu mengendalikan tekanan darah. 

Buah zuriat juga kaya akan aktioksidan. Sama seperti serat, antioksidan juga dipercaya membantu mengurangi tekanan darah. Karenanya, buah zuriat sangat bagus jika dikonsumsi oleh penderita hipertensi. 

2. Menurunkan Kolesterol 

Ilustrasi kadar kolesterol tinggi (Pixabay)

Manfaat buah zuriat berikutnya adalah membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Sebuah penelitian menemukan adanya kandungan zat hasil turunan fenol seperti asam klorogenat, tirosol 3-OH, catechin, dan asam E-vanilic yang cukup tinggi. Serta ditemukan pula asam cinnamic, asam alpha-coumaric, coumarin, dan p-coumaric acid. 

Ekstrak zuriat yang kaya fenol ternyata dapat membantu menurunkan kolesterol serum dan kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein), atau lebih dikenal kolesterol ‘jahat’. 

Penurunan kolesterol LDL dapat membantu menurunkan risiko aterosklerosis, yakni penumpekan lemak, kolesterol, dan zat lain pada dinding arteri. 

3. Mengatasi Diabetes dan Komplikasinya 

Doum palm diyakini dapat membantu dalam penurunan gula darah. Seperti yang sudah disebutkan di atas, buah zuriat adalah buah dengan kandungan serat tinggi. 

Selain dapat menurunkan tekanan darah, diet tinggi serat juga disebut dapat menurunkan kadar gula darah.

Tak hanya itu, buah zuriat juga dipercaya dapat mencegah komplikasi yang disebabkan oleh penyakit diabetes, seperti nefropati diabetik, yakni penyakit ginjal yang disebabkan oleh kontrol gula darah yang kurang baik pada diabetes tipe 1 dan 2.  

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung 

Bagi yang ingin terhindar dari penyakit jantung, buah zuriat dapat menjadi salah satu solusi. Pasalnya, buah ini disebut dapat menurunkan penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stoke. 

Melihat khasiat buah zuriat yang dapat mengatasi hipetensi, kolesterol hingga gula gurah, dapat dikatakan buah ini memiliki manfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Bagus untuk Otot 

Sebagaimana diketahui, dalam buah zuriat mengandung asam amino esensial dalam jumlah yang banyak. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk otot. 

Adapun jenis asam amino yang ada dalam buah zuriat adalah Valin, yang bagus untuk merangsang pertumbuhan dan regenerasi otot. 

Selain itu, ada juga asam amino leusin, yang beperan dalam sintesis protein dan perbaikan otot, serta asam amino isoleusin yang juga terlibat dalam metabolism otot dan terkonsentrasi di jaringan otot. 

6. Anti inflamasi 

Manfaat buah zuriat selanjutnya yakni untuk mengatasi peradangan alias anti inflamasi. 

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perkembangan yang signifikan pada kondisi sindrom iritasi usus besar setelah pengobatan dengan ekstrak buah zuriat. 

Hal ini lantas dikaitkan dengan sifat anti inflamasi pada buah zuriat yang mungkin didapatkan dari berbagai kandungan zat antioksidan yang banyak terkandung di dalam daging buahnya. 

7. Obat Pencahar 

Buah zuriat juga dapat digunakan sebagai pencahar bagi seseorang yang mengalami konstipasi alias sembelit. 

Kandungan seratnya yang tinggi dipercaya dapat digunakan untuk melancarkan buang air besar (BAB) serta digunakan untuk mencegah terjadinya sembelit. 

8. Mencegah Komplikasi akibat Disfungsi Ginjal 

Menurunnya fungsi ginjal dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Sebab, ginjal adalah organ penting dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk menyaring darah, membuang racun dari tubuh serta membantu mengeluarkannya sebagai urin. 

Berkat khasiatnya sebagai anti inflamasi, buah zuriat dapat membantu menurunkan terjadinya komplikasi yang disebabkan karena menurunnya fungsi ginjal. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hewan yang diberikan cyclosporine ditambah ekstrak zuriat menunjukkan perubahan yang lebih signifikan ketimbang yang diberikan cyclosporine saja.

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Manfaat selanjutnya yang dapat diambil dari mengkonsumsi buah zuriat adalah membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

Hal ini dikarenakan, dalam buah zuriat terkandung antioksidan, asam amino dan vitamin B kompleks dalam jumlah yang besar. Ketiga senyawa ini berperan penting dalam menjaga sistem imun. 

Menjaga sistem imun sangat penting dilakukan agar tubuh tidak mudah terserang penyakit atau terkena berbagai patogen (mikroorganisme parasite) berbahaya. 

10. Meningkatkan Energi 

Vitamin B Kompleks yang ada dalam buah zuriat dapat mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang pada akhirnya menghasilkan energi pada saat beraktivitas maupun berolahraga.

Apabila tubuh kekurangan vitamin B kompleks, maka proses produksi energi tidak dapat berjalan secara optimal, sehingga membuat seseorang menjadi cepat lelah dan menurunkan vitalitas saat beraktivitas.  

11. Membantu Proses Metabolisme 

Selain dapat meningkatkan energi, buah zuriat juga dapat membantu proses metabolisme di dalam tubuh. Kandungan B kompleks-nya yang larut dalam air dapat memberbaiki pencernaan dan produksi asam klorida yang berfungsi memecah lemak, protein dan karbohidrat. 

Vitamin B1, B2, B3, dan B6 sangat penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Sehingga kekurangan vitamin ini akan memicu masalah pencernaan yang parah. Salah satu yang kerap timbul adalah sembelit. 

Manfaat Buah Zuriat untuk Program Hamil (Promil) 

Selain bagus untuk kesehatan, ada manfaat buah zuriat yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia, yakni membantu suami-istri untuk menyiapkan program hamil alias promil

Manfaat buah zuriat untuk program hamil (Foto: Pixabay)

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di mesir menunjukkan bahwa buah zuriat mengandung antioksidan yang baik untuk regenerasi sel reproduksi.  

Adapun manfaat buah zuriat untuk promil yakni: 

1. Meningkatkan Kesuburan  Pria 

Pada pria, buah zuriat diyakini dapat meningkatkan kualitas sperma. Penelitian memang menunjukkan adanya penigkatkan kadar testosterone yang signifian pada hewan uji yang diberi ekstrak buah zuriat. 

Sebuah penelitian lain menunjukkan, pemberiah dosis kecil ekstrak biah zuriat dapat meningkatkan spermatogenesis, yaitu pembentukan sperma dalam testis.

2. Meningkatkan Kesuburan Wanita  

Selain meningkatkan kesuburan pria, buah zuriat juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan wanita. Hal ini tak bisa dilepaskan dari kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah zuriat yang diduga baik untuk kesehatan reproduksi wanita serta mencegah bahaya stres oksidatif. 

Stres oksidatif sendiri adalah ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh. 

Kondisi ini dapat terjadi ketika radikal bebas di dalam tubuh menumpuk dan menyebabkan kerusakan pada sel. Stres oksidatif dapat menurunkan tingkat kesuburan pada pria maupun wanita karena dapat mempengaruhi kualitas sperma, proses pematangan sel telur, proses pembuahan, perkembangan embrio hingga kehamilan. 

Di sisi lain, makanan yang kaya akan antioksidan memang terbukti baik untuk meregenerasi sel-sel tubuh, termasuk sel-sel yang ada di dalam sistem reproduksi. 

Oleh karenanya, bisa dibilang bahwa mengurangi stres oksidatif dalam tubuh dapat meningkatkan kesehatan reproduksi dan secara tidak langsung memperbesar peluang kehamilan. 

Kendati belum ada penelitian lebih lanjut mengenai hal itu, buah zuriat telah terbukti mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi tak ada salahnya jika anda tetap mengonsumsi buah ini, asalkan dalam jumlah yang wajar. 

3. Memperkuat Rahim 

Tak hanya dipercaya dapat meningkatkan keseburuan perempuan, bagi anda yang telah menjalani program hamil, buah zuriat diyakini dapat memperkuat dinding Rahim. 

Secara medis, Rahim yang kuat diketahui akan lebih siap untuk mempersiapkan kehamilan karena dapat membantu menjaga tumbuh kembang janin yang lebih optimal.  

4. Melancarkan Haid 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan momongan adalah melancarkan siklus haid. 

Pasalnya, siklus haid yang teratur akan memudahkan untuk mengetahui masa subur seorang wanita. Aktivitas seksual yang dilakukan di masa subur lebih berpotensi untuk menghasilkan kehamilan. 

Nah, buah zuriat disebut sangat berguna bagi wanita yang siklus haidnya kurang lancar.  Mengonsumsi air rebusan buah zuriat membantu agar haid lebih teratur setiap bulannya. 

Hal tersebut karena doum palm dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menyimbangkan hormon, sehingga membantu siklus menstruasi. 

Cara Mengkonsumsi Buah Zuriat untuk Kesehatan 

Sekedar tau saja, buah zuriat memiliki bentuk bulat berukuran 6x5 cm, bewarna kuning hingga cokelat. Buah ini memiliki rasa yang khas, seperti roti jahe atau sedikit mirip gula merah. Tak heran jika buah zuriat sering disebut sebagai ginger bread fruit

 

Buah zuriat (Wikimedia Commons)

 

Buah zuriat kerap dijadikan oleh-oleh bagi kalangan jamaah haji dan umrah, sebab dapat dengan mudah ditemukan di Arab Saudi. 

Jika anda tertarik untuk mengkonsumsi buah zuriat untuk kesehatan, berikut empat cara mudah untuk mengkonsumsinya: 

1. Dimakan Langsung 

Bisa dibilang, buah zuriat adalah buah yang unik, karena buah ini tidak bisa dikonsumsi langsung ketika sudah matang. 

Jadi, jika anda ingin memakannya langsung, pastikan buah zuriat masih dalam keadaan mentah atau muda. Sebab, buah yang sudah matang justru lebih sulit untuk dikonsumsi. 

Buah zuriat yang sudah matang umumnya digunakan sebagai bahan campuran dalam masakan.

2. Merebus Daging Buah Zuriat 

Selain mengkonsumsinya secara langsung, anda juga bisa merebus buah zuriat. Caranya: 

• Potong buah zuriat manjadi dua bagian menggunakan pisau yang sangat tajam, sebab buahnya sangat keras. 

• Ambil daging buahnya yang bewarna putih, lalu potong lagi kecil-kecil 

• Rebus dengan 3 gelas air dan tunggu hingga air bewarna kecoklatan seperti teh. 

• Tambahkan madu atau gula batu supaya air rebusan semakin enak untuk diminum

• Minum air rebusan buah zariat dua kali sehari, setiap pagi dan malam 

Sebagai informasi, buah zuriat yang telah direbus bisa dipakai dua hingga tiga kali rebusan selama air rebusan masih bewarna cokelat saat digunakan. 

3. Direbus Kulit dan Bijinya 

Tak hanya daging buahnya, kulit dan bijinya ternyata bisa dikonsumsi. Adapun caranya sebagai berikut: 

• Kupas buah zuriat, ambil kulit dan bijinya saja

• Rebus kulit dan biji buah zuriat bersamaan dengan menggunakan 5 gelar air selama 15 menit atau sampai berubah warnanya. 

• Diamkan selama enam jam

• Blender kulit dan buah zuriat saja tanpa bijinya dengan air rebusan tadi 

• Saring dan minum secara rutin 

Jika anda dan pasangan anda sedang menjalankan program hamil atau promil, disarankan untuk mengkonsumsinya selama 44 hari. Namun, jika kurang dari jangka waktu tersebut, istri anda sudah hamil, maka penggunaannya bisa dihentikan. 

4. Dihaluskan 

Cara mengkonsumsi buah zuriat yang terakhir adalah dengan cara dihaluskan. Langkah-langkahnya sebagai berikut: 

• Hancurkan buah curiat dengan menggunakan palu 

• Lalu tumbuk hingga halus. 

• Campurkan buah zuriat yang sudah halus kedalam minuman seperti teh dan susu, atau bisa juga sebagai bahan tambahan dalam adonan kue

Demikianlah serba-serbi terkat buah zuriat, mulai dari kandungan, manfaat, hingga cara mengkonsumsinya. Jika anda ingin mengkonsumsinya dengan cara direbus, pastikan tidak merebusnya terlalu lama karena nutrisinya bisa hilang. Namun, jika anda ingin memanfaatkannya sebagai obat, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.