8 Buah untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh, dari Tomat hingga Pepaya
Ilustrasi buah. (Wikimedia Commons-Daderot)

Bagikan:

YOGYAKARTA – salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah mengonsumsi buah. Pasalnya, ada banyak buah untuk meningkatkan sistem imun tubuh khususnya yang mengandung vitamin C. Untuk mendapatkan manfaat optimal, konsumsi buah berikut ini secara rutin.

Buah untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Cara konsumsi buah untuk meningkatkan kesehatan bisa diolah menjadi jus atau dikonsumsi secara langsung. Berikut ini daftar buah untuk menjaga imun.

  1. Tomat

Buah yang paling mudah ditemukan namun memiliki manfaat besar adalah tomat. Buah ini bisa dikonsumsi secara rutin untuk membantu meningkatkan sistem imun. Cara pengolahannya pun sangat mudah.

Dikutip dari situs Dinas Kesehatan Provinsi Yogyakarta, tiap 100 gram tomat mampu memenuhi 20 persen kebutuhan vitamin C manusia. Selain itu tomat juga mampu mencukupi kebutuhan 20 persen vitamin A. Dua vitamin ini jadi sumber antioksidan untuk tubuh. Kandungan tomat menjadikan buah tersebut jadi salah satu makanan peningkat imun tubuh.

  1. Jeruk

Ada banyak jenis buah jeruk yang bisa dikonsumsi seperti jeruk bali, lemon, jeruk nipis, dan sebagainya. Semua jenis tersebut dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Hal itu terjadi karena jeruk adalah buah tinggi vitamin C.

  1. Blueberi

Blueberi memiliki flavonoid yang dinamakan dengan anthocyanin. Buah ini juga bersifat antioksidan yang dapat membantu menambah sistem imun tubuh. Salah satu manfaat blueberi adalah memperkecil risiko terkena flu dan infeksi saluran napas.

  1. Kiwi

Kandungan vitamin C pada kiwi ternyata lebih tinggi dibandingkan jeruk. Buah ini juga mengandung antioksidan serta karoten dan polifenol yang berdampak pada fungsi imun tubuh. Untuk mendapatkan manfaat buah kiwi dianjurkan untuk mengonsumsinya secara rutin baik disajikan berbentuk jus atau menjadikannya sebagai campuran salad buah.

  1. Alpukat

Buah ini kerap dikonsumsi untuk menunjang diet. Namun dampak lain yang bisa didapat dari alpukat adalah sistem imun lebih terjaga. Buah ini mengandung vitamin C dan E. Selain vitamin, alpukat juga mengandung mineral, protein, serat, dan lemak sehat yang berguna untuk kesehatan jantung.

  1. Semangka

Buah ini disukai karena kandungan airnya yang tinggi serta memiliki rasa yang manis. Semangka sangat kaya dengan antioksidan yakni glutathione. Selain itu glutathione yang terkandung mampu memperkuat imun serta membantu menangkat radikal bebas

  1. Jambu Biji

Buah ini tak banyak dilirik, padahal kandungan jambu biji berguna untuk memperkuat sistem imun tubuh. Jambu biji mengandung vitamin C, vitamin A, kalium, dan mengandung senyawa antioksidan serta antiinlfamasi.

  1. Pepaya

Pepaya tidak hanya mengandung vitamin C yang berguna untuk imun tubuh namun memiliki enzim papain dengan efek anti inflamasi, kalium, magnesium, serta folat. Buah ini biasanya dikonsumsi secara langsung.

Tidak hanya membantu memperkuat tubuh, ada juga buah yang bagus untuk ginjal yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Itulah beberapa buah untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.