8 Buah yang Bagus untuk Ginjal, Jangan Sampai Salah Pilih
Ilustrasi buah yang baik untuk ginjal

Bagikan:

YOGYAKARTA - Gagal menjadi penyakit ginjal serius yang perlu diwaspadai oleh setiap orang. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan mengonsumsi buah yang bagus untuk ginjal. Namun tidak semua buah memiliki manfaat yang efektif untuk menjaga kesehatan ginjal. 

Buah yang baik untuk kesehatan ginjal adalah buah yang tinggi vitamin dan punya banyak kandungan air. Sedangkan buah yang perlu dikurangi konsumsinya demi kebaikan ginjal adalah buah yang mengandung kadar kalium tinggi. Kadar kalium tinggi akan membuat ginjal sulit memproses kandungan zat tersebut. 

Mulai sekarang Anda perlu mengonsumi buah-buah yang bagus untuk ginjal. Jangan sampai Anda menyesal karena mengabaikan pola makan tersebut. Sebab gangguan fungsi ginjal bisa menimbulkan banyak penyakit, mulai dari tekanan darah tinggi hingga diabetes. Selain itu, kasus gagal ginjal akut juga berisiko pada kematian.

Daftar Buah yang Bagus untuk Ginjal

Ada beberapa buah yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal. Sejumlah buah tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah dan harganya cukup terjangkau. Berikut rekomendasi buah yang baik untuk ginjal.

Semangka

Buah semangka baik untuk kesehatan ginjal karena memiliki kandungan air yang tinggi. Selain itu, dalam buah ini juga terdapat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas serta menjaga fungsi ginjal. 

Namun Anda tetap perlu membatasi konsumsi semangka. Hindari memakan semangka secara berlebihan. Over konsumsi semangka juga bisa berisiko mengganggu fungsi ginjal. 

Nanas

Buah lain yang baik untuk kesehatan ginjal adalah nanas. Buah nanas memiliki mineral penting yang berfungsi menjaga elektrolit dalam tubuh. Nanas juga mengandung banyak serat dan vitamin B yang berguna untuk menjaga kesehatan dan fungsi ginjal. 

Apel

Apel juga menjadi buah yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal. Kandungan kalium dalam buah apel cukup rendah sehingga aman dikonsumsi penderita gagal ginjal . Selain itu, buah ini juga memiliki serat yang berfungsi menyerap racun di tubuh. Dengan begitu kinerja ginjal bisa terjaga dengan baik. 

Buah Naga

Konsumsi buah naga juga baik untuk ginjal. Buah naga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal, menghilangkan logam berat, hingga mencegah diabetes. Pewarna alami yang terkandung dalam buah naga berguna membuat urine dan kotoran berwarna merah, namun tidak berbahaya. 

Stroberi

Buah lain yang Anda konsumsi untuk kesehatan ginjal adalah stroberi. Buah ini memiliki vitamin C yang tinggi dan serat yang berguna untuk meningkatkan fungsi ginjal. Selain itu, stroberi juga mengandung antioksidan alami yang dapat melindungi tubuh dan memperbaiki kerusakan sel. 

Lemon

Buah yang memiliki rasa asam ini juga baik untuk kesehatan ginjal. Konsumsi lemon dalam minuman hangat tanpa gula tambahan disebut dapat mengatasi masalah ginjal. Lemon memiliki kandungan asam sitrat dan vitamin C yang bagus untuk ginjal. Selain itu, buah ini juga bermanfaat meningkatkan sistem imun tubuh. 

Ceri

Buah berukuran kecil seperti anggur ini juga baik untuk ginjal. Ceri mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin C, K, B6, magnesium, folat, hingga sitrat. Berbagai vitamin tersebut bermanfaat bagus untuk kesehatan ginjal. Semakin asam rasa ceri maka kandungan sitratnya akan semakin tinggi. 

Anggur Merah

Anggur merah juga menjadi buah yang dianjurkan dikonsumsi untuk kesehatan ginjal. Anggur merah memiliki berbagai nutrisi, mulai dari vitamin C, K, dan antioksidan yang dapat menurunkan risiko sakit ginjal. Selain itu, buah ini juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh, seperti jantung dan otak. 

Demikian rekomendasi buah yang bagus untuk ginjal. Berbagai buah tersebut bisa Anda konsumsi secara rutin untuk menjaga fungsi jantung. Anda bisa mendapatkan buah-buahan tadi secara mudah di supermarket dan harganya cukup terjangkau.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.