Mengatasi Kulit Kemerahan Terbakar Matahari dengan Minyak Kelapa, Efektifkah?
Ilustrasi mengatasi kulit kemerahan terbakar matahari dengan minyak kelapa (Pexels/Alena Darmel)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Minyak kelapa memiliki banyak manfaat pada kesehatan. Kalau untuk kulit, karena tinggi asam lemak maka bisa membantu sebagai emolien atau pelembut tekstur kulit. Selain itu, minyak kelapa juga bersifat anti mikroba, meredakan gatal, dan dipercaya mengurangi kemerahan. Tetapi seberapa efektif penggunaan minyak kelapa untuk meredakan kulit merah karena terpapar sinar matahari atau penyebab lainnya?

Dokter kulit bersertifikat, Michele Green yang berbasis di NYC mengatakan bahwa minyak kelapa sangat bagus untuk kulit karena membantu mengatasi efek terpapar sinar UV. Mulai dari menenangkan luka bakar hingga membantu kulit tetap lembap dan mengatasi pecah-pecah.

Luka bakar, tambah Green, mungkin sedikit berbahaya jika diolesi minyak kelapa. Pasalnya, kalau salah menerapkan manfaat minyak kelapa justru dapat meningkatkan peradangan, membuat kulit panas dan semakin merah, hingga penyembuhan akan lebih lama. Artinya, enggak boleh segera mengaplikasikan minyak kelapa ketika kulit memerah. Terutama jika disebabkan paparan panas matahari bahkan benda panas lainnya.

mengatasi kulit kemerahan terbakar matahari dengan minyak kelapa
Ilustrasi mengatasi kulit kemerahan terbakar matahari dengan minyak kelapa (Freepik/wirestock)

Dermatolog menyarankan, untuk mengaplikasikan obat anti inflamasi terlebih dahulu. Mungkin Anda bisa menambahkan gel lidah buaya dan krim dingin. Tetapi tidak minyak kelapa yang bisa memperburuk luka bakar.

“Setelah kulit dingin, saatnya Anda mendapatkan semua manfaat minyak kelapa yang ditawarkan pada kulit Anda,” seru Green dilansir Byrdie, Rabu, 25 Januari.

Gunakanlah minyak kelapa organik untuk meredakan sengatan matahari yang menutrisi. Bahan ini akan memberi energi pada sel-sel kulit. Manfaat lainnya dari minyak kelapa organik, ialah merangsang proses penyembuhan dan perbaikan tubuh Anda untuk secara alami membantu kulit Anda melepaskan lapisan sel mati berlebih yang membuatnya kasar, tidak rata, kusam, dan bersisik.

Pemakaian minyak kelapa untuk kulit, juga perlu diikuti perawatan lainnya. Di antaranya dengan menggunakan krim mengandung ceramide, shea butter, oatmeal, dan asam hialuronat. Bahan ini membantu menenangkan dan melindungi kulit selama proses pengelupasan.