Bagikan:

JAKARTA - Krim dan serum mahal tak selamanya bisa diandalkan untuk mendapatkan kulit bercahaya. Banyak bahan alami yang bisa diandalkan mampu menutrisi dan mencerahkan kulit. Berikut sepuluh bahan alami terbaik digunakan untuk menghasilkan kulit sehat dan bercahaya. Jangan lupa masukkan dalam rutinitas perawatan kulit Anda, ya!

Lidah buaya

Lidah buaya terkenal dengan kualitasnya dalam hal melembapkan dan menenangkan. Dikemas dengan vitamin A, C, E, dan B12, ini membantu pembaharuan dan perbaikan sel kulit, menurunkan peradangan, dan menjaga kelembapan.

Madu

Karena madu adalah humektan alami, madu menambah kelembaban pada kulit. Bahan alami satu ini memiliki antioksidan yang meningkatkan kesehatan kulit dan kualitas antimikroba yang dapat membantu mengatasi jerawat.

Yogurt

Selain baik bagi pencernaan, asam laktat yang banyak terdapat dalam yogurt, memiliki fungsi menghidrasi, mengeksfoliasi dengan lembut, dan mengurangi tampilan kerutan halus pada kulit.

Chamomile

Chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan yang dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan mengurangi kemerahan. Kandungan alami ini juga kaya akan antioksidan.

Air mawar

Air mawar juga baik bagi kulit. Air mawar memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi kemerahan dan iritasi. Air mawar juga membantu menghidrasi dan menyegarkan kulit. Jika Anda menggunakan air mawar, sensasi segar bisa langsung Anda rasakan. 

Minyak kelapa

Minyak kelapa kaya akan asam lemak yang menutrisi dan melembabkan kulit. Minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mencegah infeksi kulit. Selain punya manfaat bagi kulit, minyak kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan perawatan rambut.

Rumput laut

Selain menambah rasa gurih pada makanan, rumput laut yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Ini membantu detoksifikasi, melembabkan, dan meremajakan kulit.Rutin konsumsi rumput laut bisa punya manfaat bagi kesehatan fisik maupun kulit.

Buah delima

Buah delima mengandung antioksidan dan vitamin yang membantu melindungi kulit dari kerusakan lingkungan, meningkatkan regenerasi sel, dan memperbaiki tekstur kulit.

Minyak almond

Vitamin E dan K, yang banyak terkandung dalam minyak almond, mendukung hidrasi dan nutrisi kulit. Selain itu, minyak almond juga mengandung kualitas anti-inflamasi yang membantu menenangkan kulit sensitif.

Pepaya

Pepaya mengandung enzim yang disebut papain, yang bertindak sebagai eksfoliator alami. Ini membantu menghilangkan sel kulit mati, membuka pori-pori yang tersumbat, dan memperbaiki tekstur serta warna kulit.