Bagikan:

YOGYAKARTA – Udara kering dan padatnya aktivitas produktif yang membuat stres, bisa memengaruhi kulit. Kulit akan terlihat tidak segar dan mengendur. Untuk mengatasi hal tersebut, bisa ditempuh dengan cara-cara alami. Saran dermatolog, berikut cara mengencangkan kulit secara alami.

1. Pijat kulit wajah dengan lembut

Dengan memijat wajah secara lembut, atau melakukan latihan wajah, membantu merangsang jaringan otot sehingga meningkatkan volume serta melawan atrofi, saran ahli perawatan wajah Georgia Louise. Cara memijatnya, pergunakan jari-jari atau rol giok atau batu gua sha. Tekan dengan lembut lalu gerakkan memutar kecil-kecil. Manfaatnya tidak hanya mengencangkan kulit wajah, tetapi juga meningkatkan drainase limfatik dan produksi kolagen.

2. Hindari terpapar sinar matahari

Ada banyak cara untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Paparan sinar UV matahari bisa sebabkan hiperpigmentasi bahkan kerusakan parah, seperti luka bakar. Karena matahari juga menyebabkan kolagen kulit hilang, saran dermatolog Brencan Camp, MD., pastikan pakai tabir surya dengan SPF. Oleskan ulang setelah 2 jam dan Anda masih beraktivitas di luar ruangan.

cara mengencangkan kulit wajah secara alami saran dermatolog
Ilustrasi cara mengencangkan kulit wajah secara alami saran dermatolog (Freepik)

3. Makan makanan yang meningkatkan kolagen kulit

Makanan tertentu dapat merangsang produksi kolagen. Maka Anda bisa mengambil cara paling sederhana, yaitu mengencangkan kulit lewat pilihan menu diet. Makanan yang bisa bantu merangsang produksi kolagen, antara lain sayuran berdaun hijau tua, telur yang kaya asam amino, alpukat, dan bawang putih. Bisa juga mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan E serta antioksidan.

4. Eksfoliasi kulit

Eksfoliasi kulit tak disarankan dilakukan terlalu sering. Hanya saja perlu dilakukan secara rutin untuk membantu merangsang produksi kolagen. Hasilnya membuat kulit terlihat lebih kencang dan lebih berisi. Jelas Camp dilansir Byrdie, Kamis, 17 Oktober, menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan membantu kulit terlihat lebih cerah dan bercahaya.

5. Memakai masker yang mengencangkan kulit

Meski ada banyak sekali produk masker yang dijual bebas, Anda bisa memanfaatkan bahan alami untuk meracik masker sendiri. Apalagi diniatkan untuk mengencangkan kulit, cukup campurkan satu telur dengan dua sendok makan air mawar dan dua sendok makan gliserin. Gliserin berfungsi sebagai humektan alami. Setelah campuran jadi, biarkan masker menempel kulit selama 15 menit, lalu bilas bersih dengan air mengalir.

6. Mendapatkan cukup tidur

Salah satu cara terbaik mengistirahatkan kulit adalah dengan tidur. Penting untuk memprioritaskan tidur. Karena tidur adalah proses pemulihan dan penting untuk kesehatan optimal, jelas dokter kulit bersertifikat Shari Sperling, DO. Kurang tidur, tambah Sperling, dapat memengaruhi kesehatan kulit dan kesehatan secara keseluruhan.

7. Pakai produk untuk kulit dengan bahan-bahan berkualitas

Bahan-bahan berkualitas tidak selalu mahal. Tetapi terseleksi dan paling penting, dapat menghidrasi kulit. Misalnya hyaluronic, retinol anti penuaan, dan kolagen.

8. Olahraga secara teratur

Olahraga teratur meningkatkan detak jantung dan meningkatkan aliran darah yang menyalurkan oksigen serta nutrisi ke organ-organ, termasuk kulit. Setelah olahraga, kulit terlihat segar dan tubuh sehat. Selain itu, olahraga juga cara bagus melepaskan stres serta membantu mendapatkan tidur malam yang nyenyak setiap malam.

Itulah cara mengencangkan kulit wajah secara alami. Ini bisa dilakukan secara rutin dan saat Anda mulai mengubah perubaha gaya hidup lebih sehat.