Bagikan:

JAKARTA - Tinggal di negara tropis, paparan sinar matahari berisiko membuat kulit menjadi kusam, terutama di area wajah. Tak heran, banyak perempuan selalu berusaha menemukan cara mencerahkan kulit wajah.

Sayangnya, kebanyakan orang lebih memiliki cara yang instan dan cepat untuk mendapatkan kulit putih dan tidak kusam. Berikut 5 tips mudah mencerahkan kulit wajah secara alami, seperti dilansir dari laman Knesko Skin pada Jumat, 4 Oktober 2024.

1. Lakukan eksfoliasi

Eksfoliasi dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Hal ini membuat kulit segar dan cerah. Anda dapat melakukan eksfoliasi satu hingga tiga kali seminggu menggunakan produk eksfoliasi yang lembut.

Gunakan produk eksfoliasi yang mengandung campuran asam alfa hidroksi (AHA) dan asam polihidroksi (PHA) mendukung pergantian sel kulit, mengelupas sel kulit lama, dan menampakkan kulit cerah serta berseri-seri.

2. Menggunakan tabir surya

Tabir surya adalah sesuatu yang harus digunakan setiap hari, baik itu kondisi hujan atau cerah, musim panas atau dingin. Sinar UV matahari bertanggung jawab atas tanda-tanda penuaan dini, termasuk bintik matahari, garis-garis halus, dan degradasi kolagen yang dapat menyebabkan kulit kendur.

Dengan hari-hari yang lebih panjang dan banyak waktu dihabiskan di luar ruangan, semakin penting untuk menggunakan SPF setiap hari. American Academy of Dermatologists (AAD) merekomendasikan SPF 30 atau lebih tinggi yang diaplikasikan ulang setiap 2 jam, setelah berkeringat atau menghabiskan waktu di dalam air.

3. Menggunakan vitamin C

Antioksidan seperti vitamin C adalah pertahanan terbaik terhadap kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini.

Vitamin C membantu mencerahkan kulit secara alami sekaligus melindungi dari kerusakan lingkungan. Cukup oleskan serum yang kaya vitamin C. Penelitian telah menemukan bahwa SPF bekerja lebih efektif jika dipasangkan dengan vitamin C yang kaya antioksidan.

4. Menggunakan skincare dengan kandungan pencerah

Bahan perawatan kulit pencerah lain yang dapat Anda tambahkan ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda adalah niacinamide, yang juga dikenal sebagai vitamin B3.

Menurut Mayo Clinic, kandungan anti-penuaan yang populer ini dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, termasuk perubahan warna kulit dan pori-pori yang lebih besar. Sebagai bonus, bahan yang lembut ini juga memiliki efek menenangkan pada kulit.

5. Jangan lupakan pelembap

Jika kulit terhidrasi dan lembap dengan baik, Anda akan langsung melihat perbedaan dalam seberapa cerah dan berserinya kulit. Strategi yang disarankan oleh para ahli perawatan kulit adalah menggunakan pelembap.

Mulailah dengan membersihkan wajah dan menepuk-nepuk wajah hingga kering dengan lembut, tetapi jangan sampai semua kelembapan moisturizers hilang. Kemudian, aplikasikan serum pelembap di atas kulit yang sudah dilapisi itu.

Setelah itu, Anda dapat mengaplikasikan masker hidrogel kolagen untuk lebih mendorong kelembapan dan penyerapan bahan-bahan. Terakhir, aplikasikan moisturizers pilihan Anda untuk mencerahkan wajah.