5 Langkah Efektif Merawat Kulit Terbakar Sinar Matahari
Ilustrasi (Tyler Nix/Unsplash)

Bagikan:

Beraktivitas di luar ruangan adakalanya memang menyenangkan. Namun, jika kulit terlalu sering terkena paparan sinar matahari, lama-lama bisa menyebabkan sunburn atau kulit terbakar.

Kondisi kulit terbakar pada setiap orang bisa saja berbeda, tergantung dari jenis kulit dan intensitas terkena paparan sinar matahari. Umumnya, kulit yang terbakar akan berubah menjadi kemerahan, iritasi, kulit terasa panas, dan perih.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kulit terbakar bisa diatasi dengan mudah. Berikut VOI rangkumkan caranya.

Kompres dengan air dingin

Cara merawat kulit yang terbakar sinar matahari yaitu dengan kompres air dingin atau es batu  di area kulit yang terkena sunburn. Baiknya, masukkan es batu ke dalam kain atau handuk sebelum Anda menempelkannya ke kulit. Mandi air dingin juga bisa meredakan perih kulit akibat terbakar sinar matahari.

Hindari sinar matahari

Jika kulit Anda sudah terbakar, sebaiknya hindari terkena paparan sinar matahari langsung untuk beberapa saat. Segera menepi ke tempat yang sejuk agar kondisi kulit tidak semakin parah.

Gunakan gel lidah buaya

Anda bisa merawat kulit terbakar dengan menggunakan gel lidah buaya. Gel lidah buaya terbukti sangat bermanfaat mengatasi sunburn. Sensasi cooling saat mengaplikasikan gel lidah buaya  di tubuh mampu membantu meredakan rasa panas akibat terbakar sinar matahari.

Selain gel lidah buaya, Anda juga dapat menggunakan krim hidrokortison 1% tanpa resep dokter. Anda bisa menggunakan krim ini dan gel lidah buaya secara bergantian.

Minum air putih

Banyak minum air putih juga bisa membantu merawat kulit yang terbakar sinar matahari. Saat kulit terbakar, tubuh juga mengalami kekurangan cairan. Agar Anda tetap terhidrasi dengan baik, maka sebaiknya rajinlah minum air putih. Bukan saja tubuh, kulit pun bakal tetap lembap bila rajin minum air.

Hindari menekan kulit yang terbakar

Cara merawat kulit terbakar agar tidak semakin parah yaitu dengan tidak menekan permukaan kulit yang terbakar. Sebab, terdapat lapisan pelindung di kulit terluar yang mencegah terjadi kerusakan kulit lebih parah lagi.

Jika Anda menekan, apalagi menggosoknya bisa jadi proses penyembuhan akan makin lama, bahkan memungkinkan munculnya infeksi baru pada kulit.

Selain dengan langkah-langkah di atas, Anda bisa menggunakan beberapa produk after sun yang membantu mempercepat proses penyembuhan kulit yang terbakar sinar matahari.

Berikut rekomendasi produk untuk kulit terbakar sinar matahari yang bisa Anda coba:

·    Clarins After Sun Moisturizer Self Tanning

·    La Roche-Posay Anthelios Posthelios Gel

·    La Mer After Sun Enhancer

·    Nuxe Sun Refreshing After-Sun Lotion

·    Clinique After Sun Rescue Balm

·    Banan Boat Soothing Aloe After Sun Gel

·    Parasol After Sun Spray