Ubah Gaya Hidup Lebih Sehat, 6 Cara Ini Bantu Mencegah Batu Ginjal
Ilustrasi cara mencegah batu ginjal (Unsplash/Engin Akyurt)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ketika endapan mineral keras terbentuk di dalam ginjal, akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa saat endapan tersebut melewati saluran kemih. Kondisi ini disebut batu ginjal yang dialami hingga 12 persen orang di Amerika.

Batu ginjal bisa dialami secara berulang. Begitu seseorang memiliki satu batu ginjal, 50 persen lebih mungkin ia mendapatkan batu ginjal lainnya dalam 10 tahun ke depan. Dalam langkah pencegahan, tidak ada satu cara yang pasti, apalagi jika memiliki riwayat keluarga dengan kondisi batu ginjal. Untuk mengurangi risiko batu ginjal, melansir Healthline, Senin, 8 Agustus, berikut cara mencegah dan pola hidup sehat yang harus dijalani.  

1. Pastikan tubuh cukup terhidrasi

Minum banyak air mineral adalah cara terbaik untuk mencegah batu ginjal. Jika Anda kurang minum, urin yang keluar akan lebih sedikit. Ini berarti urin lebih pekat dan cenderung tidak melarutkan garam urin sehingga berpotensi menyebabkan batu. Dalam sehari, direkomendasikan minum sekitar delapan gelas air minum. Jika banyak berolahraga atau berkeringan, atau jika Anda memiliki riwayat batu ginjal, Anda perlu minum lebih banyak air.

penyebab dan gejala batu ginjal
Ilustrasi penyebab dan gejala batu ginjal (Freepik/Brgfx)

2. Konsumsi makanan mengandung kalsium

Jenis batu ginjal yang paling umum adalah batu kalsium oksalat. Ini yang membuat banyak orang percaya bahwa mereka harus menghindari makan kalsium. Tetapi diet rendah kalsium dapat meningkatkan risiko batu ginjal dan osteoporosis. Lalu bagaimana cara pencegahannya? Anda perlu memilih makanan daripada suplemen yang mengandung kalsium. Seperti susu rendah lemak, keju rendah lemak, dan yoghurt rendah lemak.

3. Makan lebih sedikit natrium

Mengurangi konsumsi makanan asin atau yang mengandung natrium, dapat mengurangi risiko batu ginjal. Menurut Yayasan Perawatan Urologi, terlalu banyak garam dalam urin menegah kalsium diserap kembali dari urin ke darah. Hal ini menyebabkan kalsium urin tinggi, yang dapat menyebabkan batu ginjal.

Artinya, makan lebih sedikit garam untuk membantu menjaga kadar kalsium urin lebih rendah. Karena semakin rendah kalsium urin, semakin rendah risiko terkena batu ginjal.

4. Makan lebih sedikit makanan kaya oksalat

Endapan batu ginjal, pada beberapa kasus terbentuk dari oksalat. Oksalat ialah senyawa alami yang ditemukan dalam makanan yang mengikat kalsium dalam urin. Membantasi kaya akan oksalat, dapat membantu mencegah batu ginjal. Apa saja makanan yang kaya dengan oksalat? Makanan tersebut antara lain bayam, cokelat, kopi, kacang-kacangan, produk kedelai, ubi jalar, dan buah bit.

5. Makan lebih sedikit protein hewani

Makanan tinggi akan protein hewani bersifat asam dan dapat meningkatkan asam urin. Asam urin yang tinggi dapat menyebabkan asam urat dan batu ginjal kalsium oksalat. Makanan yang perlu dibatasi atau dihindari antara lain daging sapi, unggas, ikan, dan babi.

6. Hindari suplemen vitamin C

Menurut studi yang dilakukan tahun 2013, pria yang mengonsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi menggandakan risiko pembentukan batu ginjal. Agar lebih aman dan tubuh cukup mendapatkan nutrisi mikro, pilih makanan alami yang mengandung vitamin C daripada minum minuman suplemen.

Selain enam cara di atas, Anda bisa mencegah batu ginjal dengan makan makanan yang sehat, tidur cukup, olahraga teratur. Apabila mengalami gejala batu ginjal, segera bicaralah pada dokter dan mintalah rekomendasi terbaik untuk kesehatan Anda.