Angga Dwimas Sasongko Makin Matang dalam Film Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang
Angga Dwimas Sasongko dan Pemain Film Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang (Ivan Two/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Angga Dwimas Sasongko memulai tahun 2023 dengan film bergenre drama terbaru garapannya, Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang (JJJLP). Film ini merupakan sekuel dari film garapannya yang lain di 2020 lalu, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI).

Masih bercerita tentang kehidupan tiga kakak-beradik, Angkasa (Rio Dewanto), Aurora (Sheila Dara) dan Awan (Rachel Amanda), Angga punya pendekatan berbeda kepada JJJLP dari segi alur cerita.

Tidak seperti NKCTHI, sutradara 38 tahun itu menyajikan alur cerita yang tidak linear di JJJLP, yang mana membuat unsur dramatik pada film menjadi semakin menarik.

Pendekatan nonlinear itu diakui Angga telah diterapkannya beberapa kali dalam karya film lain garapannya. “Sejak NKCTHI, saya coba pendekatan nonlinear story telling. Jadi timeline-nya acak,” katanya saat konfrensi pers di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan pada Kamis, 26 Januari.

“Alur film ini bisa lompat ke dua bulan ke belakang, tiba-tiba lompat ke dua hari ke depan. Orang itu enggak mungkin enggak perlu memahami garis waktu. Tapi sejak film mulai sampai berakhir, penonton diajak terlibat dengan karakternya,” sambungnya.

Dengan London sebagai latar cerita, Angga yang menyadari kekurangannya juga punya pendekatan khusus terhadap fokus cerita yang ingin dihadirkan dalam JJJLP.

“Saya sadar bukan orang London dan enggak pernah tinggal di sana. Saya berushaa jadi orang yang hanya mengamati. Yang saya tangkap lewat kamera saya adalah dunianya Aurora,” tuturnya.

Untuk menyukseskan keinginannya atas kualitas film yang diharap, Angga menugaskan Sheila Dara untuk lebih dulu berangkat ke London. “Makanya yang berangkat duluan ke sana Aurora, untuk merasakan hidup di London. Saya lebih mengikuti pengembangan karakternya,” lanjutnya.

Merefleksikan kariernya di balik layar pembuatan film selama ini, Angga mengatakan JJJLP bisa jadi film bergenre drama terakhir yang digarapnya dalam beberapa tahun mendatang.

“Saya sebenarnya merasa old school, sudah hampir 20 tahun jadi sutradara. Mungkin karena mulainya terlalu awal, saya dari 19 tahun sudah bikin film, ada keinginan untuk mengeksplorasi hal yang lain. Kebanyakan drama selama 20 tahun ini,” ungkapnya.

Namun begitu, Angga telah menpersiapkan film lain yang merupakan bagian lain dari NKCTHI. “Sebenarnya masih ada satu rilis, tapi sudah diselesaikan duluan. Itu penutup rangkaian tiga kakak-beradik ini, tapi tayangnya nanti. Filmnya dibuat sebelum film ini (JJJLP),” pungkasnya.

Sebagai informasi, film Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang akan tayang perdana di bioskop pada 2 Februari.