Proses Panjang Angga Sasongko Garap <i>Mencuri Raden Saleh</i>
Angga Sasongko (VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sutradara Angga Sasongko akan merilis film terbarunya, Mencuri Raden Saleh. Film ini menghadirkan enam aktor dan aktris muda dalam cerita bergenre aksi yang akan tayang di bioskop.

Perjalanan panjang dilalui Angga Sasongko untuk menyelesaikan Mencuri Raden Saleh. Mulai dari pandemi hingga perombakan konsep cerita, semua dilewati Angga yang mengaku film ini jauh lebih kompleks.

“Syutingnya baru selesai pas akhir tahun lalu. Kan pandemi, terus Delta, baru bisa syuting,” kata Angga Sasongko.

“Secara produksi selama Visinema berdiri, ini proyek paling ambisius, menguras energi. Setelah bertahun-tahun punya produksi yang melampaui skala dan kompleksitas Cahaya Dari Timur,” jelasnya.

Selain itu, ia juga merombak naskah hingga 17 kali demi mendapat bahan cerita yang sesuai dengan keinginannya. Angga Sasongko pun menegaskan Visinema berusaha mengembang properti intelektual film-film mereka.

“Dari awal memang membuatnya universe makanya ada backstory macam-macam. Kita di Visinema disiplinnya bikin IP journey. Makanya kita akan selalu mulai dengan film pertama dulu,” jelas Angga Sasongko.

Di sisi lain, Angga tidak kesulitan menentukan keenam pemeran utama Mencuri Raden Saleh. Mereka adalah Piko (Iqbaal Ramadhan), Ucup (Angga Yunanda), Sarah (Aghniny Haque), Gofar (Umay Shahab), Tuktuk (Ari Irham) dan Fella (Rachel Amanda).

“Pendekatannya bukan casting terbuka tapi approach satu-satu. Hampir semua pernah kerja sama saya kecuali Angga Umay Iqbal. Bisa dibilang intuisi sih (memilih pemain),” kata Angga Sasongko.

“Ini juga konsepnya ensembel jadi semua orang punya peran sendiri walaupun di satu titik ini akan leads to who tapi semua orang punya peran sendiri,” tutupnya.

Film Mencuri Raden Saleh karya Angga Dwimas Sasongko akan tayang di bioskop mulai 25 Agustus 2022.