Jakarta Film Week 2022 Sukses Digelar, Film <i>Mencuri Raden Saleh</i> Raih Direction Award
Jakarta Film Week 2022 (JFW)

Bagikan:

JAKARTA - Gelaran Jakarta Film Week 2022 resmi berakhir pada Minggu, 16 Oktober 2022 di CGV Grand Indonesia. Pada hari yang sama, pihak penyelenggara juga mengumumkan sejumlah pemenang festival.

Digelar mulai 13-16 Oktober, Jakarta Film Week 2022 menghadirkan berbagai film dari lokal dan internasional. Oleh karena itu mereka juga memberi apresiasi dengan mengadakan kompetisi dengan film yang ditayangkan lewat festival ini.

Film Mencuri Raden Saleh arahan Angga Dwimas Sasongko memenangkan Direction Award. Piala penghargaan diterima oleh Christian Immanuel selaku produser film.

"Terima kasih sekali telah memilih Mencuri Raden Saleh. Ini piala pertama saya selama jadi produser,” kata Christian Immanuel pada Minggu, 16 Oktober.

Meskipun baru tayang pada bulan Agustus, film Mencuri Raden Saleh juga ditayangkan melalui Jakarta Film Week. Penghargaan ini menjadi piala pertama yang diterima film tersebut.

Selain itu, berbagai film mancanegara juga tayang perdana lewat Jakarta Film Week 2022. Asmara Abigail yang membintangi Stone Turtle asal Malaysia sangat antusias dengan festival ini.

“Kita butuh film festival kayak gini, di mana lagi kita bisa nonton film-film internasional yang sudah keliling ke berbagai festival di luar negeri akhirnya bisa hadir di Jakarta, dan ada film aku juga,” kata Asmara Abigail.

“Ada film Stone Turtle, film yang sebelumnya premier di Locarno Film Festival, Agustus lalu, sekarang tayang di Jakarta Film Week. Film aku yang lainnya, yaitu Galang dan Dini Hari juga ikut tayang di Jakarta Film Week,” lanjutnya.

Berikut adalah daftar pemenang Jakarta Film Week 2022:

1. Series of The Year Award: Yang Hilang Dalam Cinta, sutradara Yandy Laurens, produksi Disney+ Hotstar Indonesia / 2022.

2. Jakarta Film Fund Award: Bukan Anak Meriam, sutradara Nehemia Pareang, produksi Indonesia / 2022.

3. Global Animation Award: Tankboy, sutradara Novella Lian, Singapore / 2021.

4. Global Short Award: Eve of A Eulogy (Nauha), sutradara Pratham Khurana, India / 2021.

5. Direction Award: Mencuri Raden Saleh, sutradara Angga Dwimas Sasongko, Indonesia / 2022.

6. Global Feature Award: Before, Now & Then (Nana), sutradara Kamila Andini, Indonesia / 2022

Special Mention: Huesera, sutradara Michelle Garza Cervera Peru, Mexico / 2022.