Biar Nggak Mudah Ketularan Influenza, Begini 4 Cara Meningkatkan Sistem Imun
Ilustrasi cara meningkatkan sistem imun biar nggak mudah ketularan influenza (Freepik/rawpixel.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Influenza bisa dicegah penularannya dengan meningkatkan sistem imun tubuh. Penyakit yang biasanya musiman ini, mudah sekali menular lewat air liur yang dipercikkan udara. Meskipun ada vaksin flu, tetapi tanpa sistem kekebalan tubuh yang baik, Anda bisa tertular influenza dengan mudahnya. Cara meningkatkan sistem imun tubuh biar nggak mudah tertular influenza, begini langkah sederhananya.

1. Fokus pada makan makanan seimbang

Baik makanan yang dimakan sampai waktu makan penting untuk diatur dengan baik. Jangan sampai melewatkan waktu makan supaya tubuh terisi nutrisi. Setiap harinya, usahakan mengonsumsi lima hingga sembilan porsi sayuran dan buah-buahan setiap hari. Ini penting dilakukan supaya vitamin, mineral, dan antioksidan dapat meningkatkan sistem imun.

Perlu dipahami, mendapatkan nutrisi dari makanan selalu yang terbaik dibandingkan dari suplemen. Jangan lupa, minum cukup air mineral sepanjang hari.

cara meningkatkan sistem imun biar nggak mudah ketularan influenza
Ilustrasi cara meningkatkan sistem imun biar nggak mudah ketularan influenza (Freepik)

2. Berantas penyebaran kuman, bakteri, dan virus

Menjaga kebersihan, mencakup sering cuci tangan. Ini membantu mencegah penyebaran kuman, bakteri, dan virus. Bersihkan pula alat makan seperti gelas, garpu, sendok, dan peralatan lainnya untuk mengurangi pertumbuhan bakteri.

3. Perbanyak tidur dan kurangi stres

Mendapatkan tidur cukup dan mengelola stres sama pentingnya dengan makan sehat untuk mencegah tertular influenza, melansir Mayo Clinic, Rabu, 6 Maret. Penelitian menunjukkan, kurang tidur dan peningkatan stres berkontribusi terhadap penyakit serta kesehatan buruk secara keseluruhan. Sekalipun Anda makan makanan sehat, minum cukup air mineral, banyak istirahat, dan sudah mengelola stres dengan baik tetapi masih tertular flu, mungkin gejalanya tidak akan bertahan lama.

4. Cukupi nutrisi yang meningkatkan sistem imun

Ketika tertular influenza, makan kaldu ayam dapat membantu meredakan gejala, menurut penelitian dilansir National Institutes of Health. Kemungkinan sup ayam hangat-hangat berkhasiat melawan peradangan, meningkatkan hidrasi, dan melancarkan aliran lendir.

Nutrisi yang perlu dicukupi untuk meningkatkan sistem imun, antara lain beta karoten, vitamin C, vitamin D, seng, probiotik, protein baik nabati atau hewani. Beta karoten banyak terkandung dalam makanan nabati. Seperti ubi, bayam, wortel, mangga, brokoli, dan tomat. Sedangkan protein, Anda juga bisa mendapatkan dari telur, daging sapi, ayam, makanan laut, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buncis.