Segudang Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Buah-buahan terkenal akan kandungannya yang beragam dan bermanfaat baik untuk tubuh, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Tak terkecuali buah naga. Manfaat buah naga juga telah banyak dibuktikan sangat baik untuk tubuh.

Buah naga yang biasa ditemukan di pasar umumnya memiliki dua varian, yaitu buah naga dengan daging buah berwarna putih dan merah dengan biji hitam yang dapat dimakan. Buah naga memiliki rasa manis dan tekstur lembut, sehingga banyak disukai dan dapat dikonsumsi dengan berbagai cara.

Manfaat buah naga sangat beragam, hal ini karena banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Dalam 100 gram buah naga, terdapat kandungan protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin C, zat besi dan magnesium. Kalori buah naga pun cukup sedikit, yaitu hanya 60 kkal, sehingga bisa dikonsumsi pada saat diet.

Buah naga dapat menjaga daya tahan tubuh. Buah ini juga dipercaya dapat mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Jika Anda ingin mengkonsumsi buah naga sebagai bagian dari pengobatan Anda, ada bisa melakukan tanya jawab dokter gratis untuk berkonsultasi.

Berikut segudang manfaat buah naga yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsinya.

1. Mencegah Dehidrasi

Buah naga memiliki kandungan air yang cukup tinggi, sehingga dapat mencegah dehidrasi. Tekstur buahnya yang lembut cocok untuk dikonsumsi dengan berbagai cara, misalnya disajikan langsung, dijadikan jus, dan dicampurkan dengan buah-buahan lain sebagai es buah. Salah satu cara terbaik untuk mengkonsumsi buah naga adalah dengan mendinginkannya terlebih dahulu agar menyegarkan.

2. Sumber Antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa kimia yang bisa menangkal radikal bebas di tubuh yang dapat menjadi sumber penyakit berbahaya. Antioksidan seperti betalains, flavonoid, dan hydroxycinnamates dapat ditemukan pada buah naga. Manfaat dari antioksidan tersebut antara lain untuk memerangi kolesterol, antikanker, dan memelihara kesehatan otak.

3. Melancarkan Proses Detoksifikasi

Berhubungan dengan kandungan antioksidan pada buah naga, buah ini pun dapat melancarkan proses detoksifikasi atau pengeluaran racun, termasuk radikal bebas dari dalam tubuh. Tubuh pun akan menjadi lebih sehat.

4. Sumber Zat Besi

Dalam 100 gram buah naga mengandung 1,1 miligram zat besi atau sekitar 11 persen dari kebutuhan zat besi harian orang dewasa.

Zat besi berperan penting dalam pembentukan hemoglobin di dalam darah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi yang tidak terpenuhi dapat menyebabkan penyakit anemia. Zat besi juga terkenal sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil, sehingga buah naga juga dapat dikonsumsi oleh anak-anak.

Begitu pula dengan folat. Kandungan folat sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena dapat membentuk sel darah merah dan menjaga sistem saraf bayi. Maka dari itu, buah naga juga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

5. Kaya Vitamin C

Banyak buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C, seperti kiwi dan jambu. Demikian pula dengan buah naga. Dalam 100 gram buah naga, terdapat 21 miligram vitamin C atau sekitar 34 persen dari kebutuhan vitamin C harian orang dewasa.

Seperti yang banyak diketahui, vitamin C dapat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, kesehatan kulit, penyerapan kandungan mineral lain di dalam tubuh, dan lain sebagainya. Maka dari itu, buah naga bisa dikonsumsi sehari-hari.

6. Sumber Lemak Tidak Jenuh

Lemak tidak jenuh sangat disarankan untuk dikonsumsi karena dapat menjaga kesehatan jantung dan manfaat kesehatan lainnya. Selain itu, buah naga juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh karena kandungan lemak tidak jenuhnya.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah naga mengandung kalsium yang dapat membantu memelihara kesehatan tulang, organ, otot, dan saraf pada tubuh. Kandungan kalsium ini juga menjadi alasan buah naga baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa.

8. Mengurangi Jerawat

Buah naga juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Selain dikonsumsi langsung, buah naga juga dapat dijadikan sebagai masker untuk perawatan kecantikan pada wajah. Hal ini karena kandungan vitamin C pada buah naga dapat membantu peradangan pada wajah karena jerawat.

Masker buah naga juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Kandungan antioksidannya dapat membantu menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.

Untuk membuat masker wajah dari buah naga, Anda bisa menghancurkan buah naga hingga menjadi tekstur pasta. Anda juga bisa menambahkan madu. Setelah itu, aplikasikan pada wajah dan diamkan selama beberapa menit. Jika sudah cukup, Anda bisa bilas wajah hingga bersih. Menggunakan masker naga secara rutin ini akan memberikan hasil yang lebih baik.

9. Membantu Mengatasi Kulit yang Terbakar

Jika Anda memiliki masalah kulit akibat terbakar matahari, maka Anda dapat mengobatinya dengan mengoleskan buah naga di area kulit yang terbakar. Untuk hasil yang optimal, campurkan buah naga dengan timun dan madu.

Kandungan vitamin B3 pada buah naga dapat membantu menenangkan kulit yang terbakar ini, sehingga kulit terasa lebih lembab.

10. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Di dalam buah naga juga mengandung prebiotik yang menjadi sumber makanan bagi probiotik, yaitu bakteri baik di dalam usus, seperti bakteri Lactobacilli dan Bifidobacteria. Probiotik ini dapat membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit dalam pencernaan. Maka dari itu, mengkonsumsi prebiotik melalui buah naga dapat menjaga keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus.

Itulah beberapa informasi seputar manfaat buah naga. Anda dapat mengkonsumsi buah naga setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Satu fakta menarik tentang buah naga, buah ini tumbuh pada tanaman jenis kaktus, loh. Selain lezat dan menyehatkan, ternyata buah ini juga unik, ya!