5 Varian Sajian Kentang Goreng dari Berbagai Negara, Mau Coba?
Ilustrasi Kentang Goreng (Valeria Boltneva/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Siapa yang tak kenal kentang goreng atau french fries? Camilan satu ini tentu tidak asing lagi bagi Anda, bahkan untuk masyarakat dunia. Saat berpelesir ke belahan negara mana pun, rasanya Anda akan selalu menemukan kentang goreng, meski cara penyajiannya berbeda.

Selain dipadukan dengan saus atau garam, berikut cara beberapa negara membuat menu kentang goreng terasa lebih lezat dan menarik.

Patatas Bravas (Spanyol)

Patatas Bravas sebenarnya kentang goreng berbentuk kubus yang dilumuri saus khusus yaitu Bravas Sauce. Bravas Sauce sendiri merupakan saus yang terbuat dari minyak zaitun, bubuk paprika, tepung kanji dari jagung, kaldu, dan tomat. Hidangan ini biasa disantap oleh masyarakat Spanyol sebagai appetizer atau dessert

Chipsi Mayai (Tanzania)

Chipsi Mayai merupakan omelette goreng yang terbuat dari kentang. Makanan yang berasal dari Afrika Timur ini biasa disantap dengan daun bawang dan bubuk atau saus cabai. Anda bisa mengkreasikan komposisi makanan ini sesuai selera sebab Chipsi Mayai adalah kentang dengan telur.

Masala Chips (Kenya)

Sajian kentang ala Kenya ini dibuat dengan dominasi rasa pedas pada bumbu yang melumuri kentang goreng. Bumbu tersebut dibuat dari campuran pasta tomat serta campuran rempah, seperti ketumbar dan bubuk cabai. Biasanya, kentang akan dibaluri oleh tepung kanji jagung terlebih dahulu untuk menciptakan tekstur yang lebih garing.

Poutine (Kanada)

Poutine merupakan makanan berbahan dasar kentang yang berasal dari Kanada. Kentang disajikan dengan keju cheddar dan saus kaldu daging. Poutine memiliki tekstur lembut dan garing sehingga bisa disantap siapa saja.

Bacon Cheese Fries (Amerika Serikat)

Bacon sangat digemari orang Amerika. Ini terlihat dari banyaknya bacon diletakkan di tiap santapannya. Mulai dari Burger, Bacon Wrap, hingga minuman sekali pun. Bacon Cheese Fries pun menjadi santapan yang tidak hanya terkenal di Amerika Serikat, namun juga hampir di seluruh dunia. Bacon Cheese dimakan dengan topping keju dengan potongan bacon kecil.

Patatje Oorlog (Belanda)

Kentang goreng versi Negeri Kincir Angin dinamakan Patatje Oorlog. Kudapan ini juga dikenal dengan sebutan lain Dutch War Fries. Dilumuri dengan mayonnaise, saus kacang, dan bawang bombay, Patatje Oorlog menjadi satu dari sekian banyak makanan terkenal di Belanda.