Menghias Interior Rumah dengan Akuarium, Ikuti 6 Tips Menurut Fengsui
Ilustrasi rumah dengan akuarium menurut fengsui (iStockphoto/bankmoophoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Elemen air dan ikan dalam interior rumah bisa menyimbolkan keberuntungan, kemakmuran, serta kecukupan menurut fengsui. Untuk ‘mengundang’ keberuntungan, Anda bisa menambahkan dekorasi ruangan dengan akuarium, kolam ikan di luar ruangan, dan lukisan bergambar ikan serta air. Di mana tempat paling tepat meletakkan unsur air di dalam rumah? Berikut tipsnya.

1. Di dekat pintu masuk rumah

Akuarium atau Xun yang dipahami sebagai area Kekayaan, dapat mengaktifkan lebih banyak kemakmuran. Ikan juga dapat ditempatkan di lokasi strategis dekat pintu rumah Anda. Melansir The Spruce, Selasa, 20 September, tujuanya untuk mengundang lebih banyak kekayaan dari dunia luar ke dalam kehidupan Anda.

2. Di tengah rumah untuk akuarium besar

Letakkan akuarium besar bukan di pintu keluar. Jika ingin menata ulang dekorasi ruangan Anda, akuarium besar permanen perlu diletakkan di tengah ruangan. Elemen air perlu diletakkan di tengah rumah.

rumah dengan akuarium menurut fengsui
Ilustrasi rumah dengan akuarium menurut fengsui (iStockphoto/vcnt)

3. Isi akuarium dengan ikan mas

Secara tradisional, ikan mas memiliki warna emas dan terhubung dengan kekayaan serta kemakmuran. Ikan mas juga dianggap sebagai hewan keberuntungan dalam budaya Asia. Menurut cerita lampau di masa Cina kuno, ikan mas dianggap sebagai pengingat bahwa seseorang dapat mengatasi rintangan besar dan menemukan kesuksesan.

4. Sembilan ikan ialah angka paling menguntungkan

Fengsui mempertimbangkan banyak hal, termasuk jumlah ikan yang dipelihara dalam ruangan. Dalam fengsui, sembilan adalah angka yang paling menguntungkan dan lengkap. Jika memungkinkan, cobalah untuk memelihara sembilan ikan mas, atau kelipatan sembilan. Jika tak memiliki cukup ruang, Anda juga bisa mengisi akuarium dengan lima ikan atau hanya satu. Selain angka tersebut, pilih angka ganjil karena lebih banyak mengundang energi kehidupan. Penting untuk dipertimbangkan adalah keseimbangan ukuran akuarium dan besarnya ruangan.

5. Pilih bentuk akuarium yang tepat

Banyak sekali bentuk akuarium yang dipilih, tetapi menurut fengsui setiap bentuknya punya makna. Bentuk akuarium mangkuk bulat, menyimpan elemen logam yang terhubung dengan perhitungan tepat serta kegembiraan. Untuk akuarium persegi panjang ialah elemen kayu yang mengembangkan aspek penyembuhan dan pertumbuhan. Sedangkan akuarium persegi dengan elemen tanah yang menggambarkan stabilitas dan membumi.

6. Memilih warna dominan

Selain bentuk, warna juga perlu dipertimbangkan. Warna-warna earth tone seperti cokelat, netral, dan kuning membawa elemen tanah yang mengundang stabilitas dan perawatan diri. Warna logam, seperti putih metalik, dan abu-abu mendukung kegembiraan, efisiensi, dan akhir.

Ingin menghias dengan warna lain? Untuk warna hitam dan biru gelap lebih memendarkan kebijaksanaan dan jalan hidup. Warna-warna elemen kayu, sepeti hijau, teal, dan biru dapat membantu mendorong pertumbuhan, kebaikan, dan fleksibilitas. Berbeda dengan warna api, yaitu merah, yang dapat menginspirasi gairah, visibilitas, dan hati yang terbuka.