Mendekorasi Ruangan dengan Warna Merah saat Imlek, Hindari 5 Hal Ini
Ilustrasi mendekorasi ruangan dengan warna merah saat imlek (Freepik/kjpargeter)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Warna merah menurut tradisi Tionghoa menyimbolkan kegembiraan dan keberuntungan. Saat Imlek, warna merah kerap jadi pilihan dalam menghias ruangan. Supaya terlihat indah dan bersemangat, catat hal yang perlu dihindari dalam mendekorasi ruangan dengan warna merah saat Imlek.

1. Jangan terpaku pada satu warna

Kesalahan umum yang terjadi saat menghias ruangan, hanya terpaku pada satu warna saja. Untuk menghindari kesalahan tersebut, kenali skema warna. Anda bisa memadukan ruangan aksen merah yang menggembirakan dengan warna lembut, seperti abu-abu, putih, biru. Pertimbangkan beragam corak, dari yang soft hingga flamboyan. Maka pakai kombinasi yang variatif dari beberapa warna sehingga ruangan tidak berlebihan dan didominasi warna merah.

mendekorasi ruangan dengan warna merah saat imlek
Ilustrasi mendekorasi ruangan dengan warna merah saat imlek (Freepik)

2. Jangan terlalu berlebihan

Ada banyak tone warna merah. Anda bisa memainkan variasi dari skema warna merah. Melansir laman Soho Interior Design, Kamis, 8 Februari, menggunakan warna merah harus seimbang. Jangan menggunakan aksen warna terlalu sedikit tetapi hindari menghias ruangan dengan warna merah berlebihan. Misalnya, Anda bisa mengecat ruangan dengan warna tanah atau cokelat tua atau krem. Warna-warna tersebut membantu “membumikan” warna merah dan memberikan kontras.

3. Padukan dengan warna emas untuk hiasan ruangan

Kalau Anda lebih suka ruangan yang minimalis, bisa memilih beberapa item berwarna merah. Misalnya, taplak meja berwarna merah sewarna dengan hiasan gantung, tambahkan sedikit sentuhan warna emas. Paduan ini membangun nuansa merah yang glamor dan anggun. Jika Anda ingin lebih berani, gunakan dekorasi beraksen merah sedikit berlebihan untuk menonjolkan tampilan berani.

mendekorasi ruangan dengan warna merah saat imlek
Ilustrasi mendekorasi ruangan dengan warna merah saat imlek (Freepik)

4. Jangan terlalu penakut

Sama seperti bermain skema warna, menggunakan hanya satu dekorasi tidak menambah kesan tebal, dilansir Decoraid. Sarannya, sedikit lebih berani untuk menghias ruangan dengan warna merah. Saat mendekorasi interior rumah Anda dengan dekorasi atau cat merah apa pun, Anda perlu mengambil risiko dan yakin dengan pilihan Anda. Jika Anda belum siap untuk melukis, beberapa aksesori dekoratif berwarna merah akan memiliki efek yang sama.

5. Mempertimbangkan ukuran dan hiasan alami

Hiasan alami, seperti pohon kecil berdaun merah juga bisa mewarnai dekorasi dalam rumah. Tetapi sebelum memilih hiasan, pertimbangkan ukuran ruangan dan furnitur yang sudah mengisi ruangan. Kalau ruangan kecil Anda sudah berisi sofa merah, cukup tambahkan hiasan gantung merah yang minimalis. Bisa juga menambahkan tanaman pucuk merah berukuran kecil menghias pojok ruang tamu.

Itulah kelima hal yang perlu dicatat untuk mendekorasi ruangan saat Imlek. Selain saat tahun baru, Anda juga bisa mengimplementasikannya dalam menghias ruangan.