Populer Disebut Pangsit, Sudah Coba 10 Jenis <i>Dumplings</i> pada Masakan Ini?
Ilustrasi jenis masakan pangsit atau populer disebut dumplings (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Di Indonesia dikenal dengan pangsit, populer juga disebut dumplings, hidangan yang disajikan dikukus maupun digoreng ini dibuat dari tepung. Isiannya beragam, seperti keju parut, daging cincang, hingga herbal kaya rasa dan aroma. Ada banyak jenis dumplings diolah menjadi masakan populer. Melansir Brittanica, di Italia ada gnocchi dan nockerl di Hungaria, dan spaetzle di Eropa Tengah yang dibuat dalam air mendidih. Sudah pernah coba jenis masakan dumplings atau pangsit di bawah ini?

1. Manti

Manti adalah pangsit tradisional Turki yang diisi daging giling yang telah dibumbui bawang bombay. Pangsit ini diberi saus berbahan yoghurt dan bawang putih. Aslinya dari Asia Tengah dibawa ke Turki oleh suku nomaden Turki pada abad ke-13.

jenis masakan pangsit atau populer disebut dumplings
Ilustrasi jenis masakan pangsit atau populer disebut dumplings (Freepik/Azerbaijan_stockers)

2. Baozi

Di Indonesia mungkin mirip dengan bakpao, di China disebut baozi sebagai camilan sehari-hari. Bao adalah roti kukus yang disebut roti mantou dan diisi dengan berbagai macam isian mulai dari yang gurih hingga manis. Tetapi umumnya diisi daging, makanan laut, atau sayuran.

Baozi paling populer adalah char siu bao, diisi dengan daging babi panggang ala Kanton. Kalau baozi ala Shanghai ukurannya lebih kecil diisi daging cincang dan disebut xiao long bao atau Shengjian mantou.

3. Gyoza

Gyoza dari Jepang ini, berbentuk bulan sabit yang mulanya berasal dari Tiongkok tetapi resepnya sedikit berubah. Gyoza terdiri dari lapisan tipis terbuat dari tepung terigu, telur, dan air yang kemudian diisi dengan campuran daging beserta sayur-sayuran. Bahan isian disesuaikan dengan hasil bumi setempat. Tetapi paling umum diisi ayam cincang atau daging babi, kubis, daun bawang, bawang putih, jahe, dan daun bawang.

jenis masakan pangsit atau populer disebut dumplings
Ilustrasi jenis masakan pangsit atau populer disebut dumplings (Freepik)

4. Shengjian mantou

Diantara berbagai jenis dumplings dari Cina, shengjian mantou paling populer karena disajikan dengan digoreng. Tetapi ada pula yang disajikan dalam sup. Mantou dibuat dari daging cincang, sayuran, dan udang sebagai bahan dasarnya. Seringkali, kubis dan daun bawang ditambahkan untuk menciptakan rasa segar. Biasanya dibumbui kecap asin, minyak wijen, dan jahe serta bawang putih.

5. Xiaolongbao

Xiaolongbao adalah dumplings yang berasal dari Nan Xiang dari abad ke-19. Saat ini kawasan tersebut menjadi distrik Jiading di Shanghai. Melansir TasteAtlas, Selasa, 21 November, pangsit diisi dengan sup dan daging babi cincang kemudian dikukus dalam kukusan bambu. Terkadang, xiaolongbao dengan kulit tipis juga bisa diisi dengan daging kepiting atau udang.

jenis masakan pangsit atau populer disebut dumplings
Ilustrasi jenis masakan pangsit atau populer disebut dumplings (Freepik/chandlervid85)

6. Shuijiao

Shuǐjiǎo adalah pangsit Cina yang disajikan tanpa kuah dan diisi dengan berbagai bahan. Pangsit rebus ini merupakan makanan pokok di Tiongkok utara. Beberapa bahan isian yang paling populer antara lain udang, mentimun, kol ungu, daging babi giling, tauge, bihun, dan nasi. Shuǐjiǎo sangat populer disajikan saat Tahun Baru Imlek dan beberapa dibentuk seperti bulan sabit.

7. Jiaozi

Pangsit yang dikenal sebagai jiaozi, terdiri dari adonan yang digulung tipis yang berisi daging atau isian sayuran, adalah salah satu hidangan paling populer dan paling sering dimakan di Tiongkok dan Asia Timur. Makanan ini disajikan sebagai hidangan pembuka atau sebagai hidangan utama, selalu dengan tambahan saus berbahan dasar kecap. Secara tradisional, jiaozi selalu disantap saat Tahun Baru Imlek. Tergantung pada cara memasaknya, pangsit jiaozi dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kategori: direbus, dikukus, dan digoreng.

8. Tangbao

Mirip seperti xiaolongbao tetapi kulitnya lebih tebal. Disebut tangbao, makanan yang dikukus ini kulitnya diberi ragi dan diisi daging babi cincang atau kepiting. Makanan ini biasanya disajikan setelah dikukus sehingga masih dalam kondisi hangat.

9. Guotie

Variasi pangsit jiaozi Tiongkok yang digoreng, dikenal sebagai guotie, adalah pangsit Tiongkok Utara yang biasanya diisi dengan daging babi cincang, kubis Cina, daun bawang, jahe, arak beras, dan minyak biji wijen.

Tekstur yang renyah dan lembut diperoleh dengan metode persiapan khusus. Saat bagian bawah pangsit digoreng, sedikit cairan ditambahkan ke dalam wajan yang kemudian ditutup, sehingga sisa pangsit dan isiannya bisa dikukus. Bentuk guotie selalu panjang dan lurus agar lebih mudah berdiri dan tidak terjatuh saat dimasak. Goutie secara harfiah dapat diterjemahkan sebagai pot stick, sehingga pangsit ini sering dijuluki potsticker, terutama di Amerika Utara.

jenis masakan pangsit atau populer disebut dumplings
Ilustrasi jenis masakan pangsit atau populer disebut dumplings (Freepik/Sri Widyowati)

10. Siomay

Jenis makanan pangsit yang terakhir ini, tentu Anda kenal karena cukup popular di Indonesia. Pangsit ikan kukus ini, berbentuk kerucut yang biasanya disajikan bersama telur rebus, kentang, kubis gulung, tahu, dan pare. Setelah sajian tersebut dikukus, lalu dipotong-potong ukuran sekali gigit, lalu dimandikan saus kacang pedas. Biasanya, ditambahkan perasan jeruk purut, kecap, dan sambal.

Itulah kesepuluh jenis masakan pangsit yang populer disebut dumplings. Adakah varian hidangan di atas yang kerap Anda icip dan mana yang paling disukai?