7 Ornamen Imlek untuk Dekorasi Rumah Nuansa Merah
Ilustrasi ornamen dekorasi rumah nuansa merah (Pexels/Rodnae production)

Bagikan:

JAKARTA – Tahun baru Imlek hampir tiba. Dekorasi rumah dengan nuansa merah paling dominan mewarnai perayaan tahun baru China. Selain hidangannya yang khas dan penuh makna, ornamen-ornamennya juga membuat sebuah bangunan terlihat semakin meriah.

Setiap ornamen yang dipasang ketika menjelang perayaan Imlek memiliki makna. Bentuknya juga bermacam-macam, mulai dari lentera, lampion, guntingan kertas, hiasan pintu, hingga tanaman anggrek. Ornamen dekoratif tersebut didominasi warna merah.

Sebenarnya warna keberuntungan berdasarkan tradisi Cina tidak hanya merah. Ada warna kuning dan hijau. Warna merah menyimbolkan kebahagiaan, kesuksesan, kecantikan, kesehatan, dan keberuntungan.

Kuning adalah simbol kekayaan dan posisi sedangkan hijau simbol dari uang, kesuburan, harapan, dan harmoni. Menurut tradisi Cina kuno, warna merah memiliki elemen api, hijau elemen kayu, dan kuning elemen bumi.

Elemen air disimbolkan warna hitam dan elemen logam putih. Warna logam, putih, dianggap yang paling buruk karena simbol ketidakberuntungan.

Untuk mendekorasi rumah nuansa merah, Anda dapat memakai ornamen Imlek di bawah ini.

Lentera merah

dekorasi imlek
Ilustrasi lentera merah (Pexels/Anna Tarazevich)

Seperti sebuah judul film, lentera merah akan mudah ditemui di rumah-rumah, kantor, mall, lokasi reservasi tiket, bandara, dan klenteng. Pada umumnya lentera berbentuk oval dengan jumbai merah atau kuning emas.

Mengutip dari China Highlights, 5 Februari, para sejarawan percaya bahwa orang Cina pertama kali mulai menghias rumah dengan lentera pada Dinasti Han.

Secara teknis, lentera dipilih karena cahayanya paling nyaman untuk membaca dan bekerja. Dipilih juga agar nyala api tidak padam karena angin. Di rumah, Anda dapat memasang lentera di teras atau di kedua sisi pintu masuk.

Lampion

dekorasi imlek
Ilustrasi lampion (Pexels/Rodnae production)

Lampion bentuknya juga oval seperti lentera, ada juga varian berbeda dengan bentuk panjang. Tetapi terbuat dari kertas dan fungsinya hanya sebagai hiasan. Anda dapat membuat komposisi warna dari kertas lampion untuk menghias rumah.

Guntingan kertas

Guntingan kertas dengan kombinasi warna merah dan emas dapat pula menghias kaca jendela. Anda cukup memotongnya kecil-kecil seukuran dua ruas jadi dan menempelnya memakai lem kertas atau isolasi berkualitas agar tidak merusak tekstur bening kaca.

Hiasan pintu

Masih dengan warna merah, hiasan pintu panjang atau berbentuk seperti cabai berjumbai benang merah memiliki simbol keberuntungan.

Amplop angpao

dekorasi imlek
Ilustrasi amplop merah (Pexels/Rodnae production)

Biasanya, angpao diberikan pada anak-anak atau anggota keluarga yang belum menikah. Namun, dapat juga melengkapi dekorasi dengan digantungkan di pohon hiasan indoor.

Pohon kumquat dan jeruk mandarin

Hiasan hidup berupa tanaman juga dapat menjadi ornamen dekoratif rumah nuansa merah. Meskipun warna pohon hijau dan buahnya berwarna kuning emas, tetapi ini merepresentasikan warna keberuntungan.

Artinya, kedua jenis pohon hias ini dapat melengkapi elemen keberuntungan di rumah Anda.

Bunga sakura, plum atau anggrek

dekorasi imlek
Ilustrasi dekorasi ruangan (Pexels/Max Vakhtbovych)

Bunga sakura dan anggrek akan mekar setelah musim dingin yang keras. Bunga tersebut melambangkan umur panjang, musim semi, dan kebaruan dalam proses kehidupan.

Jika Anda ingin merasakan kesan baru di rumah tanpa mengubah dekorasi apapun, hanya perlu menambahkan beberapa batang hiasan bunga sakura. Nah, jika suka merawat bunga maka pilihlah bunga anggrek yang sedang berbunga dan sewarna dengan bunga sakura.