Tips Mendesain Kamar Tidur yang Sempit Jadi Terlihat Luas
Ilustrasi Kamar Tidur (Medhat Ayad-Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kamar tidur merupakan salah satu ruangan di dalam rumah yang sebaiknya dibuat senyaman mungkin agar penghuninya bisa tenang beristirahat dan leluasa melakukan segala aktivitas pribadi.

Sayangnya, tak semua pemilik rumah memiliki ruang kamar tidur yang luas. Jika Anda salah satunya, berikut VOI telah merangkum beberapa cara mendesain kamar tidur yang sempit agar terlihat luas dan nyaman.

Pilih furnitur multifungsi

Furnitur Multifungsi (Ulrike Hàˆßler/Pexels)

 

Pemilihan furnitur jadi poin penting dalam mendesain kamar tidur yang sempit agar tampak lebih luas. Agar penggunaan kamar dapat dimaksimalkan, sebaiknya pilih furnitur yang multifungsi.

Anda bisa menggunakan rangka tempat tidur sekaligus ruangan penyimpanan. Dengan begitu, tidak perlu lagi menggunakan kabinet untuk menyimpan barang-barang.

Jika masih membutuhkan ruang penyimpanan, manfaatkanlah plafon rumah untuk menyimpan banyak barang. Jangan lupa tambahkan tangga portable yang memudahkan akses antara kamar dan plafon.

Atur pencahayaan yang baik

Ilustrasi Cahaya yang Baik (Burst/Pexels)

 

Pencahayaan yang baik juga menentukan desain kamar yang sempit terlihat lebih luas. Sinar matahari siang dapat membuat kamar tidur terasa lebih luas dan terlihat segar. Untuk itu, pastikan tidak ada yang menghalangi jalan masuk sinar matahari ke dalam kamar.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan pencahayaan dari lampu. Agar langit-langit kamar tidur terlihat lebih tinggi, buatlah pencahayaan dari bawah ke atas. Pilihlah lampu dengan warna cahaya putih. Menentukan watt lampu yang tepat juga bisa berpengaruh pada nuansa kamar tidur.

Tambahkan mezzanine

Mezzanine (Aaron Huber/Unsplash)

 

Mau punya ruang tambahan dalam kamar tidur yang sempit? Tak masalah. Anda bisa menambahkan mezzanine pada interior kamar. Mezzanine adalah lantai tambahan di dalam satu ruangan.

Anda bisa menjadikan mezzanine ini sebagai area beristirahat dengan menambahkan spring bed, dan atau ruang santai pribadi di bawah mezzanine. Pilih perabotan seperti TV atau kursi santai yang berukuran kecil agar tersisa ruang gerak dalam kamar tidur.

Tambahkan cermin agar kamar terkesan lebih luas

Cermin (Nugroho Wahyu/Pexels)

 

Agar terlihat luas, Anda bisa mengakali kamar tidur dengan meletakkan cermin. Pasalnya, cermin bisa memantulkan cahaya dan menciptakan ilusi optikal pada ruangan.

Anda bisa menggantung satu atau beberapa cermin pada dinding kamar yang polos, memilih lemari pakaian yang dilengkapi dengan cermin, atau meletakkan cermin full body.

Memilih warna cat dinding yang sesuai

Dinding Berwarna Pastel (Karolina Grabowska/Pexels)

 

Cara mendesain kamar tidur yang sempit agar tampak luas bisa dengan memilih warna cat dinding yang tepat. Anda bisa memilih warna cat yang terang seperti warna putih atau pastel. Anda juga bisa menerapkan warna senada untuk furnitur dan sprei.

Agar tidak monoton, Anda bisa menambahkan warna lain sebagai aksen, misalnya meletakkan tanaman hias di atas meja kecil.