8 Tips Mendesain Kamar agar Dapatkan Tidur Nyaman dan Nyenyak
Ilustrasi tips mendesain kamar agar dapatkan tidur nyenyak (Unsplash/Christopher Jolly)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Untuk mendapatkan tidur yang nyaman dan nyenyak, setiap orang perlu melakukan sejumlah hal. Misalnya mengatur pikiran agar lebih rileks hingga mendesain kamar tidur untuk dapatkan kenyamanan. Penting untuk Anda ketahui, menciptakan lingkungan yang kondusif untuk tidur adalah bagian penting untuk dapatkan kebersihan tidur. Ini juga memungkinkan Anda mendapatkan istirahat malam yang berkualitas.

1. Pilih warna dinding yang hangat

Dalam skema warna kamar tidur, dinding lantai, furnitur, dan tempat tidur saling berkontribusi. Untuk membuat Anda nyaman di dalam ruangan, penting untuk menekankan satu warna. Kebanyakan orang, warna yang lebih lembut dan hangat paling menarik untuk mewarnai ruangan tidur.

2. Atur tata letak

Untuk menghindari rasa sempit, hindari barang-barang dengan bentuk persegi. Dimulai dari ukuran kasur, pilih yang sesuai dengan luas ruangan. Anda bisa memanfaatkan penyimpanan vertikal untuk menghemat tempat. Pilih tempat penyimpanan dan furnitur yang efektif untuk mengurangi stres dan memancarkan aura kenyamanan.

tips mendesain kamar agar dapatkan tidur nyenyak
Ilustrasi tips mendesain kamar agar dapatkan tidur nyenyak (Unsplash/Sasha Kaunas)

3. Kurangi kekacauan visual

Keteraturan dalam penataan menyumbang rasa nyaman selama dalam ruang tidur. Mungkin Anda tak perlu sepenuhnya mengikuti tips dari Marie Kondo dalam mengatur dan meminimalisir barang dalam rumah. Tetapi, Anda cukup membuat penataaan lebih teratur dan membereskan barang yang berantakan.

4. Atur pencahayaan

Cahaya adalah isyarat paling kuat untuk ritme sirkadian Anda. Saat waktunya tidur, Anda perlu membuat pencahayaan kamar segelap mungkin. Ini membantu memperkuat ritme sirkadian yang sehat. Memasang tirai anti tembus pandang juga membantu mengurangi banyak cahaya dari luar masuk. Penting diketahui, pencahayaan dengan suhu warna dan iluminasi rendah dapat membuat Anda lebih mudah mengantuk kemudian tertidur.

tips mendesain kamar agar dapatkan tidur nyenyak
Ilustrasi tips mendesain kamar agar dapatkan tidur nyenyak (Unsplash/Julian Hochgesang)

5. Minimalisir suara

Kebisingan eksternal dapat menyebabkan sering terbangun. Gangguan ini terkait dengan penurunan kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan, dilansir laman Sleep Foundation, Rabu, 28 Desember. Jika kebisingan luar berada di luar kendali Anda, Anda juga dapat mengatur pengeras suara untuk memainkan musik yang menenangkan, yang digunakan banyak orang sebagai cara untuk membuat kamar mereka lebih cocok untuk tidur.

6. Aroma menenangkan

Aroma yang tepat di kamar tidur bisa jadi nilai tambah untuk tidur Anda. Meskipun bau biasanya tidak menyebabkan orang terbangun dari tidurnya, bau dapat membantu menumbuhkan lingkungan yang menenangkan untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas. Studi telah menemukan bahwa aromaterapi dengan minyak esensial seperti lavender dapat meningkatkan relaksasi dan membuat lebih mudah mendapatkan tidur nyenyak.

7. Atur suhu

Suhu kamar tidur Anda harus nyaman. Biasanya berkisar antara 15,6 hingga 22,0 derajat Celcius. Terlalu panas dapat mengganggu tidur , jadi kebanyakan ahli menyarankan untuk tidur di ruang tidur yang lebih dingin. Jika Anda tidak memiliki termostat untuk mengontrol suhu kamar secara tepat, Anda dapat menggunakan kipas angin atau membuka jendela untuk menyesuaikan suhu.

8. Jaga kualitas udara

Penelitian telah menemukan bahwa ventilasi dan udara segar dikaitkan dengan tidur yang lebih baik, dan masalah seperti penumpukan jamur telah berkorelasi dengan insomnia dan rasa kantuk yang berlebihan di siang hari. Memastikan ventilasi yang baik dan menghindari kelembapan berlebih dapat memerangi pertumbuhan jamur. Pembersihan rutin juga dapat mengurangi tungau debu secara drastis.

Itulah delapan tips mendesain kamar untuk mendapatkan tidur nyenyak dan nyaman. Selain tips di atas, penting untuk memastikan alas tidur dan bantal yang tidak membuat punggung sakit.