Tips Menata Kamar Tidur Sempit Terlihat Estetik
Ilustrasi (Jean Van Der Muelen/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kamar tidur menjadi tempat melepas lelah setelah bekerja maupun beraktivitas sepanjang hari. Selain melakukan hobi, hal yang ingin dilakukan untuk melepas stres pun adalah pergi ke kamar tidur dan beristirahat. Ruangan kamar yang luas tentu membuat suasana hati lega dan memancarkan aura yang positif. Namun, bagaimana jika memiliki kamar tidur yang sempit?

Tentunya Anda bisa merasakan hal yang sama jika penataan kamar tidur dilakukan dengan baik. Oleh karena itu, para penghuni kamar tidur yang sempit dengan area terbatas memerlukan tips menata kamar tidur sempit sederhana agar ruangan semakin nyaman dan terkesan luas.

Memiliki kamar tidur dengan area yang tidak luas membatasi ruang gerak dan penempatan furnitur. Jika menempatkannya di posisi yang salah, kamar tidur akan terasa sempit dan pasti tidak tahan berada di ruangan tersebut. Kamar tidur yang nyaman dan teratur akan memperbaiki suasana hati, mendukung produktivitas, dan menjaga kerapihan kamar. Mari intip berbagai tips berikut ini, melansir HerWorld, Kamis, 12 Mei.

Menggunakan cat tembok berwarna terang

Sebagai bagian utama dari sebuah ruangan, warna cat tembok merupakan penentu dari suasana kamar tidur. Agar kamar tidur semakin lega dan leluasa, gunakan cat warna tembok yang terang. Anda tidak perlu menggunakan warna yang terlalu mencolok mata. Banyak warna terang yang bisa kita pakai, seperti putih, warna pastel, kuning muda, soft pink, dan warna terang lainnya. Warna-warna tersebut akan membantu kamar tidur kita menjadi lebih lega.

Menggunakan warna furnitur yang senada

Selain mengecat tembok dengan warna yang terang, pemilihan warna di furnitur juga penting agar kamar tidur yang sempit terlihat lebih rapih. Warna-warna netral seperti putih dan abu-abu cocok digunakan sebagai warna furnitur. Elemen kayu terang juga dapat digunakan pada meja, tempat tidur, dan lemari baju agar menciptakan aksen yang seragam dan minimalis. Hindari penggunaan furnitur dengan warna yang kontras dengan satu sama lain agar kamar tidur lebih enak dilihat dan nyaman.

Maksimalkan penggunaan cahaya alami

Pencahayaan sangat penting untuk membuat ruangan kamar kita terasa lebih luas. Kamar yang gelap akan terasa sempit, sesak, dan dapat merusak suasana hati. Menutup gorden di kamar sepanjang hari juga akan menimbulkan stres karena kurangnya pencahayaan natural di ruangan. Oleh karena itu, salah satu tips menata kamar tidur sempit sederhana yang perlu dilakukan adalah membuka jendela di kamar tidur kita pada siang hari saat matahari dapat menyinari seluruh isi kamar tidur.

Pasang dekorasi seperlunya

Anda dapat menghias kamar tidur yang sempit secukupnya dengan menggantung satu sampai dua bingkai foto atau lukisan di atas kasur agar memberikan aksen minimalis dan modern. Dekorasi tentu membuat kamar tidur kita menjadi lebih indah dan berwarna. Namun, dekorasi yang terlalu ramai di suatu ruangan akan menyebabkan ruangan tersebut menjadi terasa sempit. Jika luas kamar tidur sudah sempit, tentunya kita perlu mengatur penempatan dekorasi dengan baik agar tidak terlalu ramai sehingga ruangan kamar tetap terasa luas dan indah.