Jangan Asal Pilih, Kenali 5 Tips Membeli Lemari Dapur yang Tepat untuk Rumah Minimalis
Ilustrasi (R Architecture/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Anda pasti setuju kalau dapur kurang lengkap tanpa lemari. Lemari dapur punya banyak fungsi. Selain menyimpan piring, juga dapat menyimpan peralatan makan dan minum lainnya, berbagai macam peralatan dapur, dan bumbu dapur.

Jangan lupa, lemari dapur juga bisa membuat tampilan dapur menjadi lebih menarik dan cantik. Oleh karena itu, jangan asal-asalan memilihnya. Yuk simak tips memilih lemari dapur yang tepat di bawah ini, melansir I am Architecture Studio, Senin 21 Maret.

Temukan model yang sesuai dengan gaya dapur

Desain lemari dapur memiliki peran penting saat menentukan dekorasi dan desain rumah.  Kurang pas rasanya jika interiornya bernuansa industrial, tapi memilih lemari dapur bergaya shabby chic yang imut. Bagaimanapun, desain interior dan desain lemari dapur akan mempengaruhi kenyamanan dan keindahan dapur di rumah. Oleh karena itu, pastikan model lemari dapur yang dipilih sesuai dengan konsep dan gaya dapur rumah.

Sesuaikan ukuran lemari dengan luas dapur

Periksa ukuran lemari dapur yang akan dibeli, apakah sesuai dengan lokasi penempatan yang telah Anda rencanakan di dapur atau tidak. Maknya, sangat penting mengetahui detail ukuran lemari piring sebelum membeli. Selain itu, jika ingin meletakkan barang elektronik di samping lemari dapur, seperti kulkas atau oven, maka harus ada celah di antara keduanya. Hal ini agar kabinet tidak terkena aliran panas perangkat elektronik serta lebih hemat tempat.

Anda juga harus menyisakan ruang yang cukup di depan lemari agar bisa dibuka dengan sempurna, minimal sisakan jarak 50-100 cm. Dengan begitu, Anda bisa mengaksesnya dengan lebih leluasa.

Kapasitas Kabinet

Lemari dapur sebenarnya digunakan untuk menyimpan piring, tetapi juga multifungsi untuk menyimpan barang-barang lainnya, seperti sendok, garpu, termos, toples, dan peralatan dapur. Sangat penting untuk memilih lemari yang hemat tempat dan sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Tidak disarankan memilih lemari dengan sisa ruang terlalu banyak atau terlalu sempit karena dapat berisiko menjatuhkan barang-barang saat mencoba mengambilnya.

Lokasi penempatan kabinet

Agar tidak salah memilih lemari, Anda perlu mengetahui lokasi ideal untuk meletakkannya di dapur. Ada beberapa pilihan lemari dapur, misalnya lemari dengan bukaan di tengah atau engsel samping, ada juga pintu yang terbuka ke atas. Perbedaan model tentu memengaruhi letak penempatan.

Namun, agar terlihat lebih rapi dan tertata, letakkan kabinet pada posisi yang mudah dijangkau sehingga memudahkan alur aktivitas di dapur, membuat kegiatan memasak dan bersih-bersih menjadi lebih efisien. Kabinet juga bisa diletakkan dengan cara digantung di dinding atas agar lebih hemat tempat.

Cari kabinet dengan harga murah dan kualitas bagus

Dalam memilih dekorasi rumah dan furniture seperti lemari dapur, harga merupakan komponen yang tidak bisa diabaikan. Jadi, sebaiknya tentukan dulu budget yang Anda miliki sebelum membeli. Dengan demikian, proses pembelian juga bisa lebih mudah karena sesuai budget tanpa harus mengorbankan kualitas. Jika Anda memiliki anggaran lebih, Anda juga dapat mempertimbangkan lemari khusus agar lebih sesuai dengan dapur Anda.