Agar Suasana Tahun Baru Cina Terasa di Rumah, Ini Tips Membeli Pernak-Pernik Imlek
Ilustrasi Pernak Pernik Imlek (Harry Shum/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Menyambut Tahun Macan, dekorasi Tahun Baru Imlek bertemakan macan dan merah tentu memainkan peran penting tahun ini. Mulai dari hiasan dinding, peralatan makan, perlengkapan pesta, ornamen bertema macan ditampilkan di tiap sudut rumah mereka yang merayakan Imlek.

(Rodnae Production/Pexels)

Selain dekorasi bertema khusus, dekorasi utama yang diperlukan dalam perayaan terdiri dari chunlian (fu terbalik), rangkaian bunga, lentera kertas, dekorasi meja makan, kuplet dan gantungan pintu. Dekorasi lain yang harus dihadirkan di rumah adalah petasan, pohon kumquat, dan delapan kotak harta karun.

Ada juga hiasan papper-cutting dengan bentuk yang berbeda dengan makna yang berbeda pula. Misalnya, buah persik melambangkan umur panjang; delima untuk kesuburan; peoni untuk kehormatan dan kekayaan; sedangkan pohon pinus untuk awet muda.

(Hyggelab Concept/Unsplash)

Cara lain untuk mencerahkan rumah di Hari Besar ini adalah dengan bunga dan tanaman. Secara tradisional, pohon kumquat dipajang untuk memastikan sebuah keluarga akan memiliki generasi yang makmur di masa depan. Bunga sakura, pucuk bambu, bunga plum, peoni, dan anggrek juga sering dipandang sebagai hiasan sebagai simbol keinginan untuk tahun baru yang penuh keberuntungan.