Ide Bisnis Menjelang Natal yang Meraup Omzet Tinggi, Mulai dari Sekarang!
Ilustrasi bisnis Natal (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Natal menjadi momen yang sangat dinantikan oleh banyak orang bukan hanya umat Kristiani saja. Orang-orang menunggu waktu natal karena bertepatan dengan liburan akhir tahun. Ada banyak peluang bisnis yang menjanjikan menjelang natal dan tahun baru. 

Sejumlah bisnis akan mendapat keuntungan yang besar di waktu menjelang Natal dan tahun baru. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh siapa saja untuk menambah penghasilan. Lantas apa saja ide bisnis menjelang natal yang mampu meraup omzet banyak?

Ide Bisnis Menjelang Natal

Natal merupakan momen di mana umat Kristiani merayakan hari kelahiran Yesus Kristus. Saat Natal, umat Kristiani akan melakukan perayaan yang meriah dengan berbagai hiasan, hidangan, serta bingkisan. 

Momen ini juga bertepatan dengan liburan akhir tahun sehingga banyak orang juga menyambutnya dengan gembira. Orang-orang akan menyiapkan rencana liburan hingga acara-acara kumpul keluarga atau bersama teman. Kedua momen meriah ini mendangatkan peluang bisnis yang menjanjikan. 

Berikut tips dan rekomendasi ide bisnis menjelang Natal yang bisa anda jalankan.

Parcel atau Bingkisan

Perayaan natal dan tahun baru identik dengan aktivitas saling berbagi atau memberi sebuah hadiah atau kado. Seperti masyarakat muslim saat lebaran, umat Kristiani juga memanfaatkan momen natal untuk memberi bingkisan kepada orang-orang terdekat. 

Berangkat dari budaya tersebut, bisnis parcel atau bingkisan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Sudah banyak pelaku bisnis parcel yang meraup penghasilan di saat akhir tahun. Banyak umat Kristiani dan orang-orang pada umumnya yang berburu jasa pembuatan parcel menarik. 

Bisnis parcel dapat dijalankan dengan mudah dan tanpa modal banyak. Anda tinggal mengumpulkan daftar barang atau produk yang akan menjadi isian bingkisan. Selanjutnya anda perlu berpikir kreatif dalam membuat kemasan parselnya. 

Kue Kering

Perayaan Natal biasanya biasanya dilakukan dengan berkunjung ke rumah keluarga atau kerabat terdekat. Saat melakukan kunjungan, biasanya mereka akan membawa makanan hingga makan bersama sambil bercengkerama.

Kue kering tentu saja menjadi produk yang banyak dicari di momen natal. Orang-orang yang hendak berkunjung ke rumah keluarganya akan berburu kue untuk dibawa. Sementwara tuan rumah biasanya juga akan membeli kue untuk menyediakan hidangan bagi tamunya.

Bisnis kue kering dapat meraup omset berlipat saat momen natal, sebagaimana ketika perayaan lebaran. Anda dapat menjadi reseller kue kering maupun melakukan produksi kue sendiri di rumah. 

Kerajinan dan Pernak-pernik Natal

Saat natal, umat Kristiani akan berburu pernak-pernik hingga kerajinan untuk menghias rumah mereka. Barang-barang tersebut digunakan untuk menghias rumah agar terlihat menarik dan menciptakan suasana yang meriah atau menyenangkan. 

Toko atau penjual pernak-pernik Natal sudah pasti ramai di waktu-waktu menjelang natal. Hasil penjualannya bahkan bisa mencapai berlipat-lipat karena saking banyanya permintaan barang. Anda bisa membuka bisnis kerajinan dan pernak-pernik tersebut untuk mendapatkan keuntungan yang besar. 

Barang pernak-pernik dan kerajinan Natal yang bisa anda sediakan, di antarannya topi Natal, christmas balls, ornamen bertema salju, replika pohon cemara, boneka salju, dan masih banyak lagi. 

Kembang Api dan Terompet

Perayaan Natal bertepatan dengan momen liburan akhir tahun atau menyambut tahun baru. Pada momen ini banyak sekali terdengar suara terompet bersahut-sahutan dan letupan kembang api silih berganti menghiasi langit malam. 

Usaha kembang api dan terompet menjadi ide bisnis yang menjanjikan karena banyak dicari saat menjelang akhir tahun. Produk-produk tersebut tidak hanya digemari oleh anak-anak, namun juga orang dewasa. 

Biasanya orang-orang menyalakan kembang api di malam-malam perayaan Natal, saat tahun baru, kumpul keluarga, hingga camping bersama teman. Penjualan terompet dan kembang api terbukti selalu laris menjelang akhir tahun. 

Pakaian

Bisnis pakaian juga menjadi ide usaha yang menjanjikan menjelang Natal sekaligus mendekati tahun baru. Sebelum Natal, orang-orang akan membeli pakaian baru untuk dikenakan saat berkunjung ke rumah keluarga atau kerabat. Mereka ingin berpenampilan menarik dan berbeda di momen satu tahun sekali ini. 

Jadi anda bisa berjualan pakaian untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dipastikan produk-produk pakaian menjadi barang yang banyak diincar menjelang akhir tahun. Anda bisa menjadi reseller dengan berjualan di e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, TikTok Shop, dan sebagainya. 

Itulah beberapa rekomendasi ide bisnis menjelang Natal dan tahun baru yang menjanjikan. Anda bisa mulai menjalankan bisnis dari sekarang, mulai dari mencari bahan atau produk hingga melakukan strategi pemasaran. Bisnis ini juga bisa anda jalankan di tahun berikutnya, karena merupakan usaha yang bersifat musiman dengan keuntungan yang tinggi. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.