Jelang Nataru dan Pemilu 2024, Harga Beras di Pasar Ciracas Mulai Naik
Ilustrasi beras/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Harga komoditas pangan mulai merambat naik menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 serta Pemilu 2024. Harga kebutuhan pahan seperti telur dan beras mulai alami kenaikan di Pasar Ciracas, Jakarta Timur, sejak Jumat, 1 Desember.

Harga beras yang sebelumnya seharga Rp13.500,00 alami kenaikan Rp500,00 perliter menjadi Rp14.000,00. Sementara harga telur ada kenaikan Rp1.000,00 per kilogram menjadi Rp28.000,00.

"Sekarang harga beras kualitas medium Rp13 ribu, kalau premium Rp14 ribu perkilo," kata Jamaludin, pedagang beras kepada wartawan, Jumat, 1 Desember.

Dampak dari kenaikan harga beras juga berpengaruh terhadap omzet pedagang beras.

"Omzet susah ditentuin karena (harga) turun naik. Kalau harga beras lagi kayak gini, pelanggan itu cari yang murah. Jadi gak bisa netap (omzet)," ucapnya.

Selain berdampak pada omzet penjualan, kenaikan harga komoditas beras juga berpengaruh terhadap sepinya kios pedagang.

"Dari penjualan sudah sepi, modal naik terus. Pelanggan cari yang termurah, biarpun yang sudah lama juga carinya yang termurah," katanya.

Jamaludin berharap agar pemerintah segera menstabilkan harga bahan pokok agar tidak kembali melonjak menjelang perayaan Natal dan tahun baru serta Pemilu 2024.