Jelang Natal dan Tahun Baru, Mendag Zulhas Pastikan Stok Bahan Pokok Aman dan Harga Stabil
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan kembali menegaskan pemerintah terus berusaha menjaga stok, khususnya untuk persiapan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Ia juga memastikan bahwa stok bahan pokok (bapok) aman dan harganya stabil.

Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat meninjau ritel modern Hypermart dan Superindo bersama Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi di Jakarta Barat, Jakarta.

"Secara keseluruhan, stok tersedia dan harganya stabil. Oleh karena itu, sekali lagi stok tersedia, harganya stabil. Segala hal kita lakukan agar stok bapok aman," katanya dalam keterangan resmi, ditulis Jumat, 9 Desember.

Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan mengatakan untuk harga beras di ritel modern masih stabil, bahkan terdapat beras dengan harga di bawah harga eceran tertinggi (HET). Sementara harga beras Bulog tetap, tidak ada perubahan.

"Bahkan, tadi di sini ada beras dengan harga di bawah HET yang diproduksi Badan Usaha Milik Daerah DKI Jakarta," terangnya.

Inflasi pada November 2022 tercatat sebesar 5,42 persen, turun dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 5,71 persen. Artinya, lanjut Zulhas, terdapat harga barang kebutuhan yang mengalami penurunan di pasar, termasuk ayam.

Namun, kata Zulhas, ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, misalnya telur.

Ia mengatakan, kenaikan harga telur disebabkan permintaan yang meningkat jelang Natal dan tahun baru.

"Harga telur naik sedikit karena permintaan naik. Nanti kalau permintaannya biasa lagi, harganya akan turun kembali. Kenaikan ini masih wajar sebesar Rp30.700 per kg, tetapi di ritel modern masih Rp27.000 per kg," jelasnya.

Kementerian Perdagangan, kata Zulhas, terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan bapok.

"Pemerintah selalu berdiskusi dengan pemangku kepentingan, termasuk asosiasi pelaku usaha untuk cari jalan keluar bersama," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengungkapkan, pasokan dan harga bapok terkendali.

Kata Arief, peninjauan ritel modern dilakukan untuk memastikan semua stok bapok tersedia.

"Kita hari ini meninjau ritel modern memastikan stok ada. Stok hari ini sampai jelang Natal dan tahun baru ada. Pemerintah Pusat juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk menyelenggarakan operasi pasar. Masyakarat atau konsumen dipersilakan hadir untuk mendapatkan harga bapok terjangkau," kata Arief.