Bagikan:

JAKARTA -  Sering memasak di dapur bisa sebabkan peralatan memasak yang digunakan mudah kotor. Terlebih lagi jika alat-alat yang digunakan terbuat dari bahan stainless. Itulah sebabnya, pembersihan rutin sangat penting guna mencegah penumpukan kotoran yang sulit dibersihkan. 

Berikut ini VOI bagikan tips cara bersihkan stainless steel dari goresan, noda mengganggu, kotoran menempel, dan sidik jari. Serta cara mengkilapkan kembali peralatan stainless steel dilansir dari The Spruce, Senin, 27 Mei.

Anjuran dan Larangan untuk Membersihkan Peralatan Stainless Steel

Sebelum mulai, Anda perlu meperhatikan jenis kain yang digunakan untuk membersihkan peralatan. Sebaiknya, gunakan kain lembut, non-abrasif, dan tidak berbulu seperti spons atau kain microfiber guna mencegah permukaan alat tergores. Hindari menggosok permukaan peralatan dengan kuat, sebaiknya gosok dengan arah atas ke bawah. Jauhi produk yang mengandung pemutih, ammonia, dan klorin.

Cara Membersihkan Peralatan Stainless Steel

Cuka

  • Isi botol semprot bersih dengan cuka putih suling dan semprotkan sebanyak-banyaknya pada peralatan baja tahan karat.
  • Gunakan kain microfiber yang bersih dan kering gosok dari atas ke bawah, bersihkan kotoran dan sidik jari yang menempel.
  • Basahi kain microfiber baru dengan air dan seka alat untuk menghilangkan sisa cuka.
  • Kemudian, ambil kain microfiber kering lainnya dan keringkan peralatan, pastikan tidak ada noda atau goresan basah.

Baking soda

  • Dalam mangkuk kecil, campurkan tiga bagian soda kue dan satu bagian air untuk membuat pasta kental namun mudah dioleskan.
  • Oleskan ke permukaan alat dan diamkan selama sekitar 30 menit, hingga pasta mengering.
  • Seka pasta kering dengan kain microfiber basah, pastikan semua residu hilang.

Minyak

  • Bersihkan peralatan Anda dengan kain microfiber dan bersihkan kotoran yang menempel.
  • Kemudian, celupkan kain mikrofiber yang bersih dan kering ke dalam minyak seperti minyak zaitun, mineral, atau baby oil, dengan arah atas ke bawah. Gosokkan minyak tersebut ke permukaan.
  • Setelah seluruh permukaan terlapisi minyak, ambil kain baru untuk mengkilapkan stainless steel agar berkilau bagus.

Sabun Cuci Piring dan Air

  • Teteskan beberapa tetes sabun cuci piring ke spons non-abrasif atau kain mikrofiber dan basahi dengan air untuk menghasilkan busa.
  • Lakukan dari atas ke bawah mengikuti alur untuk menyeka alat hingga bersih dan menghilangkan noda membandel.
  • Kemudian, gunakan kain bersih dan kering untuk menyeka alat hingga kering dan mencegah noda air.

Cara Menghilangkan Noda Pada Peralatan Stainless Steel

Membersihkan peralatan dapur secara teratur sangatlah penting karena dapat mencegah penumpukan lengket yang sulit dibersihkan. Anda dapat menghilangkan noda membandel seperti makanan gosong dari peralatan seperti panci, lemari es, kompor, atau mesin pencuci piring.

Mulailah dengan mencampurkan larutan pembersih dari bahan-bahan dapur seperti soda kue, cuka putih suling, atau minyak zaitun, atau pilih pembersih yang dibeli di toko yang dirancang khusus untuk stainless steel.

Apapun larutan pembersih yang Anda pilih, pastikan menggunakan kain lembut, bersih, non-abrasif, dan bebas serabut demi mendapatkan hasil stainless steel kilap, bersih, dan indah tanpa goresan.