Bagikan:

YOGYAKARTA – Memilih botol minuman, nggak boleh ala kadarnya. Pasalnya, botol minum yang nantinya akan Anda bawa kemana-mana itu, bukan hanya harus awet dan tidak mudah pecah. Tetapi juga aman untuk kesehatan dan berikut hal yang harus diperhatikan saat memilih botol minum.

1. Pilih bahan yang aman dan terbaik

Harga botol minum yang aman mungkin lebih mahal dari yang berkualitas abal-abal. Sebab, tanda botol minum yang aman, mendukung gaya hidup sehat dan aktif. Bahan botol minum, antara lain plastik, kaca, lapisan baja, baja dengan sistem insulasi yang baik, dan aluminium. Dari sederet bahan tersebut, bahan botol minum yang aman dan tahan karat adalah baja dengan sistem insulasi. Meskipun botol minum bahan plastik berlabel ‘BPA free’ yang diformulasikan secara aman, tetap saja memiliki risiko lingkungan, hanya bisa untuk minum suhu ruangan, bisa menyimpan bau kalau tak dicuci bersih, dan tidak tahan lama.

hal yang harus diperhatikan saat memilih botol minum
Ilustrasi hal yang harus diperhatikan saat memilih botol minum (Freepik)

2. Botol minum terinsulasi

Botol minum terinsulasi artinya bisa menjaga isinya, kalau panas tetap panas dan jika diisi air dingin suhunya awet rendah. Sistem ini seperti termos, yang mana didesain terdapat ruang hampa antara dinding dalam dan dinding luar. Metode mendesain insulasi ini, terbukti efisien sejak awal tahun 1900-an. Biasanya botol dengan desain insulasi dipakai kalangan atlet, pelancong, pejalan jauh, pekemah, ataupun orang yang aktif seharian.

3. Pilih warna yang tepat

Setiap merek botol minum memiliki desain warna yang berbeda-beda. Anda bisa memilihnya sesuai selera. Tetapi bisa juga mengacu pada psikologi warna. Misanya, botol minum warna hijau menyimbolkan kedekatan dengan alam, vitalitas, dan harmoni. Pilihlah warna merah apabila ingin meningkatkan motivasi, bold, dan berenergi.

4. Pilih desain yang memudahkan

Bagian mulut botol, sebisa mungkin pilih yang besar supaya bisa memasukkan es atau buah atau sayur bila dipakai membawa infuse water. Selain itu, bagian mulut botol yang lebar memudahkan dibersihkan. Pilih pula bagian bawah botol yang tidak bersudut supaya sisa-sisa mudah diangkat bersih.

5. Tentukan ukuran dan kapasitas

Memikirkan kebutuhan hidrasi harian adalah kunci menentukan ukuran dan kapasitas botol minuman. Membeli botol minuman yang lebih besar, membantu termotivasi mencapai target hidrasi. Pikirkan juga rutinitas harian Anda.

6. Pertimbangkan jenis dan fitur tutup botol minuman

Sebelum memilih botol minuman, pertimbangkan apa saja yang akan mengisinya nanti. Kalau kopi atau minuman dingin seperti infuse water, tentu keduanya memiliki pertimbangan berbeda. Melansir VerywellFit, Minggu, 26 Mei, jenis tutup botol minum, diantaranya tutup berulir, tutup lipat, tutup sedotan, ataupun sports caps yang dilengkapi nozel yang dapat diletupkan di atas botol. Pilihlah yang anti bocor, mekanisme mudah dibuka, dan pegangan yang nyaman serta berguna.

Itulah keenam pertimbangan memilih botol minum. Selain itu, pertimbangkan juga bagaimana setiap desain subtil, seperti ergonomis, portabilitas, dan tutup yang memudahkan Anda saat mencucinya.