Mengenal Arti 7 Macam Kode Segitiga pada Kemasan Plastik
Ilustrasi simbol recycle (Unsplash/Sigmund)

Bagikan:

JAKARTA – Setiap kemasan berbahan plastik, baik kemasan makanan, produk kecantikan, vitamin, botol minum hingga gelas plastik selalu menyertakan informasi tentang proses pembuatannya. Informasi tersebut tertulis lewat simbol segitiga panah dengan angka dan keterangan dibawahnya.

Sudah tahu makna dari setiap simbolnya?

Tujuh simbol atau kode segitiga pada kemasan plastik diterbitkan oleh The Society of Plastic Industry pada tahun 1988.

Melansir dari Plastic Today, kode disebut Resin Identification Code yang disetujui oleh International Organization for Standardization.

Artinya, setiap kemasan plastik wajib mencantumkan salah satu dari kode tersebut. Di bawah ini penjelasan setiap simbol, angka dan huruf di bawahnya.

Kode angka 1 dan PETE atau PET

Kode angka 1 pada simbol ini menandai proses daur ulang dan proses pembuatannya. Terbuat dari polyethylene terephthalate yang biasanya tertera pada kemasan air mineral, saus tomat, vitamin, hand sanitizer, dan lotion. Kemasan ini hanya digunakan sekali pakai dan tidak disarankan dipakai berulang kali.  

Kode angka 2 dan HDPE atau PE-HD

Simbol ini akan tertera pada kemasan yang menggunakan high density polyethylene. Pada umumnya, ditemukan pada kemasan galon air minum, botol susu, botol deterjen, botol sampo, sabun. Arti simbol daur ulang dengan kode angka 2 dan tertera HDPE atau PE-HD bisa dipakai berulang kali dan proses daur ulangnya lebih sederhana.

Kode angka 3 dan V atau PVC

Berasal dari bahan mengandung polyvinyl chloride yang dipakai pada pipa air, kabel listrik, mainan anak, dan wrap. Bahan plastik ini tergolong berbahaya karena mengandung zat kimia yang dapat larut dan berisiko buruk pada kesehatan. Serta sulit didaur ulang sehingga perlu meminimalisir penggunaannya.

Kode angka 4 dan LDPE atau PE-LD

Ini yang paling sering ditemukan sebab ada pada kantong plastik, tas belanja, dan pembungkus makanan. Kode angka 4 dengan LDPE atau PE-LD berarti terbuat dari bahan low density polyethylene.

Bersifat elastis, tahan lama dan dapat dipakai berkali-kali. Ini artinya, butuh dikumpulkan jika hanya dipakai sekali. Hindari untuk membuangnya sembarangan karena dapat mencemari lingkungan.

Kode angka 5 dan PP

Tempat makan, botol minum, sedotan, dan selotip menggunakan bahan polypropylene sehingga akan tertera kode angka 5 dan PP. Simbol tersebut berarti cukup aman dipakai berkali-kali, pun pada suhu panas sehingga membutuhkan panas tinggi untuk mendaur ulang.

Kode angka 6 dan PS

Plastik keras dan tidak berwarna menggunakan simbol angka 6 dan PS yang berarti terbuat dari polystyrene. Biasanya, busa, sendok plastik dan garpu plastik berkode simbol ini.

Kode angka 7 dan PLA atau O

Terakhir, simbol ini mengartikan terbuat dari kombinasi berbagai macam bahan. Antara lain acrylic, nylon, polycarbonate dan polylactic acid. Kode angka 7 dan PLA atau O terdapat pada botol minum bayi, pendingin air, compact disk, dan case telepon genggam.

Dari arti tujuh macam simbol atau kode pada kemasan plastik di atas, tetaplah bijak dalam memilih dan hindari memakai kemasan plastik sekali pakai.