Apa Itu Kode Produksi? Berikut Uraian Beserta Fungsinya
Apa itu Kode Produksi (Gambar Rawpixe - Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernahkah kalian menemukan sebuah tulisan yang berisi informasi mengenai proses produksi pada suatu produk? Tentunya hal itu bakal kalian temukan bila kalian memandang lebih teliti pada kemasan sesuatu produk, dan hal itu disebut dengan kode produksi. Jadi apa itu kode produksi?

Tulisan kode produksi tersebut umumnya tertera bertepatan dengan masa kedaluwarsa sesuatu produk. Tulisannya bisa jadi sangat kecil serta nyaris susah buat dilihat, bila tidak dicermati dengan jeli. Lantaran wujudnya yang demikian, kode produksi jadi hal yang kurang menarik buat dicermati dari sesuatu kemasan.

Sementara itu, metode membuat kode produksi telah diatur sedemikian rupa, yang umumnya terdiri dari beberapa digit angka serta huruf yang disusun sistematis. Tidak hanya buat memberikan informasi mengenai proses pembuatannya, kode produksi merupakan unsur penting dalam sesuatu produk yang bermanfaat selaku indikator untuk konsumen kalau produk tersebut senantiasa terlindungi kualitasnya.

Mengenal Apa itu Kode Produksi

Kode produksi merupakan kode yang berisi informasi mengenai riwayat produksi sesuatu produk yang diproses pada keadaan serta waktu yang sama.

Pada kode produksi tercantum waktu produksi yang meliputi tanggal, bulan serta tahun. Tujuan utama dari terdapatnya kode produksi ini yaitu buat mengenali umur produk dan menunjukkan kalau produk tersebut adalah asli.

Walaupun mempunyai peranan yang lumayan penting, dalam kemasan sesuatu produk, desain kode produksi yang kerap ditemui memang umumnya nampak sangat simpel, cuma berisi angka-angka. Apalagi, kode produksi umumnya tidak dicantumkan dengan warna-warna yang menarik, cuma plain hitam.

Sesungguhnya, tidak pernah ada syarat pakem terpaut dengan pencantuman kode produksi pada kemasan. Tiap-tiap produsen bisa mengkreasikan kode produksinya sendiri. Biasanya, pencantuman kode produksi bakal berdampingan dengan kode bar (Barcode) supaya nampak lebih menarik serta meyakinkan. Barcode tersebut dapat memakai model linier ataupun matriks.

Fungsi Kode Produksi

Kode produksi yang dicantumkan pada suatu kemasan ataupun packaging produk mempunyai berbagai fungsi, baik untuk produsen ataupun konsumen. Fungsi kode produksi tersebut, antara lain:

1. Untuk Mengetahui Usia Produk

Salah satu fungsi kode produksi yang dicantumkan pada bagian kemasan, yakni buat menolong pihak produsen ataupun konsumen dalam mengenali usia produk. Inilah manfaatnya kode produksi ditampilkan dalam bentuk satuan waktu. Mulai dari tanggal, bulan, serta tahun.

2. Buat Tingkatkan Kepercayaan Pelanggan

Adanya kode produksi yang dicantumkan oleh produsen pada tiap kemasan pula menolong konsumen lebih yakin terhadap sesuatu merk. Konsumen cerdas tentu bakal memperhitungkan kalau produk yang mempunyai kode produksi ialah barang yang aman buat dikonsumsi.

Kode produksi pula bisa menyiratkan kalau brand tersebut patuh serta tunduk terhadap prosedur ataupun hukum yang berlaku. Inilah yang bakal menjadikan produk tersebut terkesan lebih aman, asli, serta bermutu, sehingga pelanggan juga tidak bakal ragu lagi untuk membeli dan mengkonsumsinya.

3. Untuk Memastikan Keaslian Produk

Kode produksi termasuk dalam informasi yang harus dicantumkan pada tiap kemasan produk. Sebabnya karena kode tersebut bermanfaat buat menolong penjual ataupun pelanggan dalam mengecek keaslian produk. Sesuatu produk yang sudah teregistrasi BPOM tentu bakal mempunyai kode produksi di bagian kemasannya.

4. Untuk Menjamin Keamanan Produk

Dengan terdapatnya kode produksi yang dapat menolong penjual ataupun pelanggan buat mengenali umur dari sesuatu produk, secara tidak langsung bisa menjamin keamanan produk tersebut. Kode produksi yang jelas bakal membuat pelanggan lebih teliti.

Kode produksi bakal menjadikan konsumen lebih berjaga-jaga saat membeli serta mengkonsumsi produk. Pada saat kode produksi serta waktu konsumsinya telah terlampaui, pelanggan juga tidak bakal memakainya sebab mempunyai potensi berbahaya.

Selain itu kalian juga bisa mempelajari “Kode Huruf pada Perhiasan Emas Muda dan Tua” agar mudah membedakannya Ketika membeli.

Jadi setelah mengetahui apa itu kode produksi, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!