Bagikan:

YOGYAKARTA - Mengatur anggaran memang bisa jadi menantang, tetapi salah satu cara terbaik untuk berhasil adalah menemukan sistem yang cocok untuk Anda. Mengikuti metode yang tepat yang memenuhi kebutuhan dan preferensi Anda dapat membantu pengeluaran dan penghematan Anda di jalur yang benar. Lalu apa itu metode kakeibo?

Salah satu metode penganggaran Jepang yang mendapat banyak perhatian akhir-akhir ini adalah metode kakeibo (diucapkan kah-keh-boh). Pada dasarnya, metode penganggaran ini melibatkan Anda untuk membuat jurnal dari semua uang yang masuk dan keluar untuk mendorong pendekatan pengeluaran yang lebih hati-hati.

Mari kita lihat lebih dekat cara kerja metode pengelolaan uang Jepang yang unik ini, termasuk:

Apa Itu Metode Kakeibo

Jadi, apa itu metode kakeibo? Kakeibo diterjemahkan menjadi "buku besar keuangan rumah tangga" dan merupakan metode penganggaran yang sangat sederhana. Yang harus Anda lakukan untuk menggunakan metode kakeibo adalah membuat jurnal dan mencatat semua penghasilan masuk dan semua pengeluaran Anda. Dengan membuat jurnal ini, Anda, sebagai pemboros, akan lebih memperhatikan setiap pembelian yang Anda lakukan. Ini dapat membantu Anda lebih fokus pada tujuan Anda daripada pada pembelian impulsif.

Pada dasarnya, metode kakeibo dapat dianggap sebagai "penganggaran lambat", yang berarti memperlambat laju pengelolaan keuangan Anda. Dalam dunia aplikasi dan situs web, ini mungkin cocok untuk mereka yang ingin melepaskan sedikit dan membiarkan detail program penganggaran benar-benar meresap dengan bekerja menggunakan pensil dan kertas, meskipun ada alat digital yang dapat membuat kakeibo bekerja untuk mereka dengan satu klik saja.

Bagaimana Cara Kerja Kakeibo?

Metode kakeibo bekerja dengan membuat semacam anggaran item baris terperinci di awal setiap bulan berdasarkan proyeksi pendapatan dan pengeluaran Anda, sambil tetap mengingat tujuan penghematan. Saat Anda menghabiskan uang sepanjang bulan, Anda akan menyimpan semacam buku harian atau jurnal tempat Anda melacak setiap sen yang Anda belanjakan.

Di akhir bulan, Anda dapat meninjau jurnal Anda untuk melihat kemajuan yang telah Anda buat pada tujuan tabungan Anda dan apakah Anda tetap pada target awal Anda. Periode refleksi ini juga dapat membantu Anda menyesuaikan anggaran bulanan atau perilaku sesuai kebutuhan di bulan mendatang.

Sejarah Kakeibo

Kakeibo ditemukan pada tahun 1904 oleh Hani Motoko, yang sering disebut sebagai jurnalis wanita pertama di Jepang. Dia merancang sistem ini sebagai cara membuat anggaran untuk pemula.

Secara khusus, dia menciptakan sistem anggaran bagi ibu rumah tangga untuk melacak pengeluaran rumah tangga mereka. Konsep yang dia rancang sederhana dan memberi orang kendali atas anggaran mereka sambil membantu mereka menjadi lebih sadar akan kebiasaan belanja mereka.

Jadi setelah mengetahui apa itu metode kakeibo, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!