Bagikan:

JAKARTA - Gambar puncak gunung Matterhorn akan segera dihilangkan dari kemasan cokelat batangan Toblerone, karena pemilik merek asal Amerika Serikat ini akan memindahkan sebagian produksinya ke luar Swiss.

Surat kabar Swiss Aargauer Zeitung melaporkan, Mondelez International Inc, yang memproduksi kudapan berbentuk segitiga ini, mengubah desain gunung yang tergambar di kardus pembungkusnya agar tidak melanggar Swissness Act.

Mondelez mengungkapkan tahun lalu, mereka berencana untuk memindahkan beberapa produksi Toblerone ke ibukota Slovakia, Bratislava. Perusahaan ini mengubah desain kemasan untuk menggambarkan gunung yang lebih umum daripada Matterhorn yang terkenal.

"Desain ulang kemasan memperkenalkan logo gunung yang dimodernisasi dan disederhanakan yang selaras dengan estetika geometris dan segitiga," kata juru bicara Mondelez kepada Aargauer Zeitung, seperti melansir The National News 6 Maret.

coklat toblerone
Ilustrasi cokelat Toblerone. (Unsplash/Morgan Thompson)

Kemasan Toblerone sekarang akan bertuliskan "didirikan di Swiss", dan bukan "dari Swiss".

Di bawah Undang-Undang Swissness Swiss, yang disahkan pada tahun 2017, simbol nasional dan salib Swiss tidak diizinkan pada kemasan produk yang tidak memenuhi kriteria Swissness.

Undang-undang ini menetapkan bahwa bahan makanan yang menggunakan simbol nasional Swiss atau mengklaim sebagai "buatan Swiss", harus memiliki setidaknya 80 persen bahan baku produk yang berasal dari Swiss dan 100 persen untuk susu dan produk susu.

cokelat toblerone
Ilustrasi cokelat Toblerone. (Wikimedia Commons/der_psycho_78)

Pekerjaan penting untuk menghasilkan produk buatan Swiss juga harus dilakukan di Swiss. Pengecualian dibuat untuk bahan mentah yang tidak ditemukan di Swiss, seperti kakao.

Mengutip Le News, cokelat Toblerone yang asli diproduksi oleh pabrik cokelat Tobler, yang didirikan pada tahun 1899 oleh Emil Baumann dan Theodor Tobler. Pada tahun 1908, Baumann menciptakan resep unik cokelat susu, almond nougat dan madu.

Versi cokelat hitam menyusul kemudian. Tobler menciptakan bentuk dan kemasan cokelat berbentuk segitiga. Nama ini diyakini berasal dari kombinasi nama Tobler dan kata 'torrone' dalam bahasa Italia, sejenis nougat.

Toblerone pertama kali dijual pada tahun 1908 di Bern, ibu kota Swiss. Namun baru pada tahun 1970, siluet bergerigi Matterhorn memulai debutnya pada kemasannya, dengan beruang dan elang Bern yang ditampilkan sebelumnya, menurut situs web Toblerone, seperti dikutip dari BBC.

Mondelez mengatakan, Bern adalah "bagian penting dari sejarah kami dan akan terus berlanjut di masa depan".