Main Ski saat Liburan Musim Panas, Jangan Lewatkan Sejumlah Tempat Terbaik di Eropa ini
Tempat bermain ski saat musim panas di Eropa. (Kolase/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Masih belum ada rencana untuk musim panas ini atau tidak yakin apa yang harus dilakukan di liburan Anda? Tidak ada salahnya jika Anda menjajal bermain ski. Ya, bermain ski di musim panas. 

Setelah terpukul karena pandemi COVID-19 sepanjang tahun lalu, vaksinasi serta langkah penguncian dan penanganan yang komprehensif membuat sejumlah tempat ski di Eropa bisa dibuka kembali untuk umum musim panas ini. 

Sebagai aturan umum, ski musim panas disediakan untuk para profesional yang mempersiapkan musim dingin atau amatir ingin menyempurnakan teknik mereka. Tetap memerhatikan kesehatan dan keselamatan, berikut beberapa tempat bermain ski di Eropa yang dibuka pada musim panas kali ini, seperti mengutip Euronews 22 Juni. 

Les Deux Alpes, Perancis

les deux alpes
Leus Deux Alpes, Prancis. (Wikimedia Commons/Onevalefan)

Les Deux Alpes adalah gletser ski terbesar di Prancis. Musimnya dimulai pada 29 Mei, tiga minggu lebih awal dari biasanya menyusul kondisi salju yang luar biasa dan atas desakan para profesional yang ingin berlatih.

Pembukaan awal melihat 10 lift ski mulai beroperasi yang memungkinkan akses ke penurunan 1.000 meter di gletser Toura. Sementara tempat pada ketinggian 2.600 meter tidak dibuka pada musim panas ini. 

Anda juga dapat berselancar dengan para profesional, atau setidaknya mengagumi mereka dari kejauhan karena mereka memiliki trek khusus mereka sendiri. Resor ini juga menawarkan beberapa jalur bersepeda gunung yang epik melintasi salju dan turunan 'kering' berkeliling kawasan ini.

Kehidupan malam yang dinamis dan semua aktivitas gunung musim panas yang Anda inginkan melengkapi penawaran dari resor raksasa Eropa ini.

Fonna, Norwegia

fonna norwegia
Folge Fonna, Norwegia. (Wikimedia Commons/Harald Groven)

Keuntungan mengunjungi Norwegia untuk bermain ski musim panas adalah Anda tidak perlu mendaki terlalu tinggi untuk menemukan salju. Negara Nordik ini memiliki resor gletser yang buka selama bulan-bulan hangat, hanya 1.200 meter di atas permukaan laut.

Jumlah trek terbatas di sini tetapi cocok untuk semua level. Bahkan ada taman salju untuk para petualang yang ingin melompat.

Anda harus melupakan suasana pesta, karena Fonna tidak memiliki hiburan dan layanan yang ditawarkan oleh resor besar Prancis. Harapkan sebuah restoran kecil dan beberapa tempat tinggal di tengah fjord. Pengalaman yang berbeda tidak diragukan lagi tetapi bagian dari pesona lokasi ini.

Alasan lain untuk mengunjungi Fonna adalah Anda dapat bermain ski hingga pukul 4 sore, karena salju tidak mencair sebanyak di Prancis. 

Kaprun, Austria

kaprun austria
Kaprun, Austria. (Wikimedia Commons/Daniel Frank)

Di Austria, sebuah negara di jantung Pegunungan Alpen, penggemar ski musim panas dapat menemukan semua jenis lereng. Gletser negara ini memungkinkan Anda untuk bermain ski sepanjang tahun.

Di Kaprun, Salzburg, Anda dapat bermain ski hingga tanggal 23 Juli di gletser Kitzsteinhorn, sebuah puncak yang tingginya mencapai 3.229 meter. Tidak perlu khawatir tentang keterampilan ski Anda, karena lereng yang berbeda cocok untuk pemula serta penggemar olahraga musim dingin yang lebih berpengalaman.

Dari Jumat hingga Minggu hingga 27 Juni, pemain ski gaya bebas juga akan senang mengetahui bahwa destinasi ini memiliki taman salju. Anda dapat naik kereta gantung untuk menikmati pemandangan Alpen sepanjang tahun. 

Pemandangan yang harus diperhatikan termasuk Großglockner, puncak tertinggi Austria (3.798m), yang paling baik dilihat dari platform pengamatan di Top of Salzburg dan Galeri Taman Nasional.

Di musim panas, Anda juga dapat bermain ski di lereng gletser di resor Hintertux di Tyrol. Di sini, sembilan lift melayani 20 km lereng hampir 365 hari setahun, tergantung pada kondisi cuaca. Untuk kesempatan merasakan kesenangan bermain ski musim panas, tiket lift seharga 49 euro per hari untuk orang dewasa.

Banyak kegiatan lain juga ditawarkan di wilayah ini, seperti berjemur di pemandian air panas setelah hari yang melelahkan menuruni gunung.

Saas-Fee, Swiss

saas fee swiss
Saas-Fee, Swiss. (Wikimedia Commons/ch-info.ch)

Dua resor terbesar di Swiss menawarkan ski musim panas tetapi harga di sini cenderung mahal tinggi daripada di seluruh Eropa. Perlu dipertimbangkan bahwa tidak mungkin untuk mencapai Saas-Fee atau Zermatt dengan mobil.

Saas-Fee yang terletak di kanton Valais, musim panas akan dimulai pada tanggal 17 Juli. Bertengger di ketinggian 3.600m, resor gletser ini memiliki lereng sepanjang 20 km untuk semua tingkat keahlian.

Sesi pengujian peralatan juga diselenggarakan di resor Valais, yang terkenal dengan 'sommersnowpark'-nya. Saas-Fee akan dibuka mulai tanggal 31 Juli dengan biaya tiket masuk 75 CHF (68 euro) per hari.

Zermatt, Swiss

zermatt swiss
Zermatt, Swiss. (Wikimedia Commons/Fisheke)

Tempat lain yang bagus untuk bermain ski musim panas di Swiss adalah Zermatt. Di sini gletser Théodule menawarkan lebih dari 20 km lereng yang terbuka sepanjang tahun.

Untuk mencapai area ini, Anda harus naik menuju Matterhorn dengan sebuah kereta gantung yang membawa Anda sejauh 3.882 meter ke puncak Petit Cervin. Di sini, sebuah platform juga memungkinkan pemandangan 360° dari Pegunungan Alpen Swiss, Italia, dan Prancis. Pengalaman berkesan ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Bagi mereka yang mencari sensasi, taman salju juga menunggu Anda di musim panas di Zermatt. Harga tiket lift adalah 75 CHF (68 euro).

Cervino, Italia

cervino italia
Cervino, Italia. (Wikimedia Commons/SteGrifo27)

Tujuan ski musim panas di Italia adalah area Cervino di Lembah Aosta. Lebih tepatnya, stasiun Breuil-Cervinia dapat ditemukan tepat di sebelah Zermatt.Dari sini dimungkinkan untuk mengambil Matterhorn untuk bermain ski di dataran tinggi Rossa, 3.500 meter di atas permukaan laut.

Untuk sampai ke sini Anda bisa menggunakan kereta gantung yang berangkat dari stasiun Italia dari Le Breuil. Dan untuk dapat menikmati lereng terbuka di musim panas, Anda harus membayar 33 euro.