Layanan Keamanan Federal Rusia Gunakan Burung Hantu Salju untuk Amankan Kremlin
Ilustrasi burung hantu salju. (Wikimedia Commons/Bert de Tilly)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk pertama kalinya, Layanan Keamanan Federal (FSO) memperkenalkan 'pegawai' baru kepada jurnalis, burung hantu salju jantan bernama Buran, yang lahir pada tahun 2020 dan akan merayakan ulang tahun pertamanya pada Bulan Juli. 

Bersama dengan enam rekannya, Buran adalah anggota kelompok ornitologis FSO Layanan Komandan Kremlin Moskow, memberikan perlindungan biologis terhadap gagak dan korvida lainnya, yang dapat merusak monumen budaya, menghalangi wisatawan, atau merusak acara penting negara.

"Burung hantu salju pertama kali muncul di kelompok ornitologi, dan sekarang pekerja termudanya, Buran, telah tumbuh menjadi ukuran dewasa yang dibutuhkan, tingginya sekitar 60 cm, lebar sayapnya 140 cm, dan beratnya sekitar 1,5 kg," kata seorang anggota unit tersebut seperti mengutip TASS, Rabu 23 Juni.  

"Tugas Buran adalah bertindak sebagai umpan karena burung hantu bersalju tidak hidup di Rusia tengah," terang angota unit tersebut.

burung hantu salju
Ilustrasi burung hantu salju. (Wikimedia Commons/Silver Leapers)

Akibatnya, burung gagak yang melihat Buran akan menganggapnya sebagai sasaran yang lemah dan mudah, sambung anggota tersebut. Tetapi setiap gagak yang mendekat akan segera digagalkan oleh 'rekan-rekan' Buran, sebuah tim yang terdiri dari enam burung pemangsa lain yang menjaga Kremlin.

Tim ini terdiri dari Astur si elang, Zeus si elang peregrine, Hector si elang saker, Filya si burung hantu elang dan burung lainnya di Falconry Service FSO, yang telah beroperasi sejak era Uni Soviet.

"Setiap anggota tim burung menjalani pelatihan khusus untuk menjaga Kremlin. Burung-burung bekerja dalam shift bergilir yang bergantung pada kondisi fisik dan suasana hati mereka saat ini," papar anggota tersebut.

Setiap burung diberi rumah terpisah dengan luas satu meter persegi. Mereka dipantau oleh dokter hewan yang juga merawat kuda-kuda Pengawal Kehormatan Kavaleri Resimen Kepresidenan.

Untuk diketahui, layanan ornitologi di Kremlin sudah ada sejak tahun 1989, setelah sebelumnya elang dilibatkan oleh komandan Kremlin Moskow sejak tahun 1983. 

Setelah tahun 1991, layanan ornitologi dipindahkan ke kantor komandan Kremlin Moskow, di mana pada tahun 2004 sebuah unit dibuat, yang dipercayakan dengan tugas perlindungan biologis Kremlin Moskow dari corvids.