Rusia Bikin Pesawat Luar Angkasa Zeus untuk Misi Pencarian Kehidupan di Planet Lain
Ilustrasi pesawat ruang angkasa (Bellona)

Bagikan:

JAKARTA – Badan antariksa Rusia, Roscosmos sedang membangun pesawat luar angkasa baru bernama Zeus. Pesawat ini dilengkapi dengan reaktor nuklir untuk menjelajahi planet-planet terjauh di Tata Surya dan sekitarnya

Menurut Direktur Jenderal Roscosmos, Dmitry Rogozin, Zeus akan digunakan untuk misi pencarian kehidupan alien di luar angkasa. Zeus sudah dirancang sejak 2010 dan diprediksi bakal melakukan penerbangan perdananya pada 2030 mendatang.

“Misi yang akan dikirim ke Mars, Venus, dan, di masa depan setelah pengembangan kemampuan termonuklir, di luar tata surya, misi terpenting adalah menemukan dan mencaritahu apakah kita sendirian di luar angkasa atau ada kehidupan lain,” kata Rogozin dalam pernyataan resminya di konferensi antariksa GLEX-2021.

Dia juga menambahkan bahwa pencarian kehidupan di luar angkasa sekaligus memantau kemungkinan adanya ancaman dari luar angkasa yang menyerang Bumi merupakan tugas paling penting dari kosmonotika dunia hari ini.

“Hari ini, kami telah memastikan pengembangan program pemantauan ruang angkasa, dan ini adalah signifikansi praktis untuk bagaimana menghindari tabrakan berbahaya di ruang angkasa,” tambah Rogozin.

Selain itu, kepala Roscosmos tersebut menekankan pentingnya melindungi planet Bumi dari serangan benda-benda luar angkasa yang berpotensi membahayakan kelangsungan hidup manusia.

“Tapi ada tugas lain yang lebih penting (yakni) bagaimana melindungi planet kita dari tabrakan secara tiba-tiba denga benda antariksa yang dapat menghancurkan peradaban.”

Dalam hal ini, Rogozin menegaskan pentingnya kerja sama internasional bagi pertahanan Bumi dari ancaman yang datang dari luar angkasa. Dia menyebut kerja sama tersebut sebagai “bentuk tertingi dari politik dan etika” dalam menjalin hubungan antarnegara.

Sebagai informasi, GLEX merupakan sebuah konferensi tahunan sebagai ajang berkumpulnya sejumlah pihak seperti peneliti, pemerintah dan industri. GLEX sudah dilangsungkan sejak 2012 lalu. GLEX 2021 kali ini diselenggarakan di St. Peterseburg mulai tanggal 14-18 Juni.