Begini Cara Mengatasi Ngantuk setelah Makan Siang
Ilustrasi mengantuk di kantor (Pexels/Andrea Piacquadio)

Bagikan:

JAKARTA – Siang hari setelah jam makan adalah waktu rawan ngantuk. Penyebabnya bisa berbagai macam, seperti anemia, diabetes, sleep apnea, alergi, intoleran pada kandungan tertentu, dan hipotiroid. Di samping penyebab tersebut, dapat juga karena makan berat atau porsi kebanyakan.

Untuk penyebab terakhir, ngantuk adalah respons dari tubuh terhadap perubahan tingkat biokimia setelah makan. Penyebab yang wajar ini dapat Anda atasi dengan cara di bawah ini.

Lebih banyak gerak setelah makan

Jika sesudah makan mengambil posisi duduk di kursi nyaman ditambah dalam ruangan ber-AC, ngantuk akan datang menyerang. Anda perlu bergerak selama 15 hingga 30 menit sebelum mengambil posisi siap bekerja kembali.

Bergerak sedikit membantu melancarkan aliran darah serta melancarkan persebaran nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh.

Berhenti makan sebelum kenyang

Ini pentingnya mempertimbangkan porsi dan jenis makanan untuk disantap ketika makan siang. Makan siang memang disarankan mengandung karbohidrat untuk sumber energi. Tetapi, terlalu besar porsi karbohidrat, makanan berminyak, dan berserat membuat proses pencernaan menghabiskan energi.

Ngantuk setelah makan juga berkaitan dengan kadar gula dalam darah. Khususnya jika Anda makan siang nasi putih yang memiliki indeks glikemik tinggi. Indeks glikemik adalah standar pengukuran seberapa cepat makanan meningkatkan kadar gula dalam darah.

Kadar gula dalam darah meningkat memicu tubuh produksi insulin. Sedangkan insulin naik menyebabkan hormon melatonin dan serotonin. Ini sebabnya mengantuk setelah makan sepiring nasi putih.

Sebaiknya, Anda perlu memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah, misalnya nasi merah. Ditambah dengan sayuran tinggi vitamin mineral serta lauk mengandung protein. Paling penting lagi, berhenti makan sebelum perut kenyang.

Hindari melewatkan sarapan

Kebiasaan tidak sarapan memicu konsumsi makanan lebih banyak saat makan siang. Artinya, Anda perlu membagi porsi seimbang antara sarapan dan lunch agar kerja pencernaan tidak berat pada siang hari. Beratnya proses cerna juga memicu datangnya rasa ngantuk. Metabolisme akan lebih fokus pada proses pencernaan sehingga badan akan terasa lemas dan ingin bersandar untuk terlelap.

Minum air putih

Air putih membantu sistem pencernaan bekerja efektif, terlebih pada jam-jam rawan seperti siang hari. Untuk mengontrol rasa kantuk, Anda perlu minum air putih setengah jam sebelum makan dan sesudah makan.

Tidur setelah makan sangat tidak disarankan, sebab berdampak pada kenaikan asam lambung dan insomnia. Maka Anda perlu mengatur kebiasaan di atas agar tidak mengantuk setelah makan siang.