Cari Menu Makan Siang yang Enggak Bikin Ngantuk? Ini Rekomendasinya
Ilustrasi makan siang (Pexels/Edward Eyer)

Bagikan:

JAKARTA – Dalam kondisi lapar, tubuh sulit untuk diajak produktif. Nah, yang membuat enggan memilih sebuah makanan adalah efeknya. Sebab acap kali setelah makan maka rasa kantuk siap menyerang. Secangkir kopi pun juga tak bekerja efektif?

Apabila merasakan hal ini, ada tiga hal penting perlu diperhatikan sebelum makan siang antara lain porsi makan terlalu besar, kurang minum atau melewatkan makan. Tiga kondisi ini bisa jadi penyebab mata mengantuk sepanjang siang hingga sore.

Lantas, apa menu makan siang yang tidak membuat mengantuk? Berikut rekomendasinya.

Makanan bernutrisi cepat saji

Yang terpikir ketika mendengar makanan cepat saji adalah burger, potato fries, makanan kaleng. Makanan tersebut sangat simple dan tidak menghabiskan waktu untuk makan tetapi sayangnya rendah nutrisi.

Sedangkan menu makanan yang diproses sempurna berisiko mengandung garam tinggi, trans fat, dan penyedap rasa sehingga membuat badan lemas.

Menu pertama yang tidak membuat ngantuk adalah makanan bernutrisi namun cepat saji atau tanpa diproses masak. Misalnya, salad sayuran ala barat atau salad sayuran lokal. Sertakan pertimbangan porsi dan varian makanan yang mengandung triptofan seperti sambal kacang, tempe, dan tahu.

Buah-buahan

Dalam satu hari, disarankan tidak meninggalkan sarapan. Sarapan bermanfaat untuk membatasi makan siang tidak dengan porsi besar sehingga after lunch badan tidak lemas karena kurang nutrisi. Maka, ambil sarapan setiap pagi dengan berbagai menu sehat.

Untuk menu makan siang, Anda bisa mengonsumsi buah-buah yang sedang musim. Paling penting lagi adalah buah yang matang secara alami. Misalnya, saat musim mangga, Anda bisa makan siang buah mangga.

Makanan mengandung protein

Dilansir dari Healtline, Jumat, 19 Maret, daging merah dengan tinggi lemak bisa meningkatkan tumpukan lemak dalam tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi daging tanpa lemak dari ayam, kalkun, ikan. Menu tersebut bisa memberikan protein berkualitas, tetapi mengandung sedikit lemak jenuh.

Apabila makan ikan dengan nasi, maka ambil takaran nasi paling sedikit. Isi dua pertiga piring dengan sayur atau buah.

Hindari makanan bertepung

Kalaupun memilih roti untuk makan siang, rasa-rasanya kurang mendapatkan nutrisi memadai. Paling mungkin adalah mengonsumsi serealia utuh dan karbohidrat kompleks sehingga bisa bermanfaat sepenuhnya dalam tubuh.

makan siang yang tidak bikin ngantuk
Ilustrasi makan siang di kantor (Pexels/Marcus Aurelius)

Penting untuk diketahui bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan terbaik untuk mengatasi rasa lelah dan melawan rasa lapar. Jangan lupa, pilih yang tidak bergaram atau garam ukuran aman.

Pisang

Sebuah penelitian membuktikan tentang kebutuhan energi para pengayuh sepeda dapat terpenuhi ketika mengonsumsi pisang. Pisang mengandung kalium, serat, vitamin, dan jumlah karbohidrat sempurna sehingga bisa memperoleh dorongan energi.

Selain itu harga pisang yang ramah kantong sehingga bisa hemat dan tetap mendapatkan nutrisi lengkap. Jika bosan dengan pisang, Anda bisa mengolahnya menjadi smoothies. Bisa juga dibarengi dengan bubur oats dari biji utuh.