Daftar Makanan yang Bikin Ngantuk, Langsung Menguap dan Mata Berat setelah Mengonsumsinya
Ilustrasi makanan yang bikin ngantuk (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Rasa ngantuk yang muncul setelah makan kerap dialami oleh banyak orang. Bukan karena kekenyangan, namun memang ada beberapa makanan yang bikin ngantuk. Setelah melahap makanannya, biasanya mata Anda akan terasa berat dan tubuh ingin dibaringkan. 

Mengonsumsi makanan memang memberikan suplai energi pada tubuh. Namun di sisi lain ada sejumlah makanan yang justru membangkitkan rasa kantuk. Kondisi mengantuk setelah makan tentunya cukup mengganggu dalam beberapa kondisi aktivitas, seperti saat ingin bekerja, sekolah, mengemudi, dan sebagainya. 

Daftar Makanan yang Bikin Ngantuk

Jika Anda akan melakukan aktivitas sebaiknya hindari konsumsi makanan yang bikin ngantuk. Namun di sisi lain, makanan tersebut juga berguna ketika Anda ingin terlelap namun kesulitan tidur serta bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini daftar makanan yang bikin ngantuk. 

Nasi Putih

Nasi putih menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia karena mengandung banyak karbohidrat. Mengonsumsi nasi akan membuat cepat kenyang dan energi langsung terisi. Karena sudah menjadi makanan sehari-hari, banyak orang yang mengatakan belum disebut makan jika tidak menelan nasi. 

Namun dibalik itu, mengonsumsi nasi putih juga akan menimbulkan rasa kantuk. Nasi memiliki indeks glikemik (GI) yang tinggi, sehingga menyebabkan Anda cepat merasa ngantuk. Jadi sebaiknya Anda tidak mengonsumsi nasi putih secara berlebihan, khususnya di pagi dan siang hari. 

Ubi

Makanan lainnya yang bisa bikin ngantuk adalah ubi. Bahan makanan ini juga dapat digunakan sebagai pengganti asupan nasi. Di dalam ubi terkandung B6 yang bisa meningkatkan suasana hati dan produksi melatonin. 

Dengan mengonsumsi ibu sebelum tidur, tubuh Anda akan terasa lebih rileks. Selain itu, ibu juga memiliki kandungan serat tinggi yang membuat rasa kenyang lebih lama. Jadi Anda tidak perlu khawatir terbangun di tengah malam karena perut keroncongan. 

Pisang

Mengonsumsi buah pisang juga membuat Anda mudah mengantuk. Buah ini mengandung potasium dan magnesium yang menimbulkan rasa kantuk serta membantu relaksasi otot. Sebuah penelitian di Journal of Research and Medical menyebutkan bahwa magnesium punya dampak positif pada kualitas tidur orang dewasa yang lebih tua. 

Karena bersifat menimbulkan rasa kantuk, konsumsi pisang sangat cocok bagi Anda yang tengah dilanda insomnia. Buah pisang punya efek memperpanjang durasi tidur dan membuat lebih cepat bangun. Selain itu, dalam pisang juga terkandung triptofan yang bekerja menenangkan dan mengatur hormon serotonin dan melatonin agar cepat tidur. 

Almond

Almond juga termasuk sebagai makanan yang bikin ngantuk. Makanan ini mengandung kalsium yang tinggi sehingga membantu Anda dapat tidur lebih cepat. Kalsium bisa membantu otak mengubah asam amino triptofan menjadi melatonin yang membangkitkan rasa kantuk. Produk susu yang mengandung kalsium dan triptofan dapat memicu munculnya rasa mengantuk. 

Oatmeal dan Susu

Oatmeal termasuk salah satu makanan yang bikin cepat ngantuk. Makanan yang biasa dikonsumsi untuk sarapan ini dapat memicu produksi insulin pada tubuh dan meningkatkan kadar gula. Selain itu, di dalam oatmeal terkandung melatonin yang dapat membuat tubuh menjadi lebih tenang. 

Minum susu jenis skim pun akan membuat Anda lebih cepat mengantuk. Susu memiliki kandungan asam amino triptofan yang berperan sebagai prekursor hormon serotonin, yakni zat pemicu tidur. 

Roti Gandum

Mengonsumsi roti gandung juga dapat membuat Anda lebih mudah tidur. Memakan roti gandum di pagi hari akan membuat kadar gula Anda jadi meningkat. Biasanya Anda akan lebih berenergi setelah melahapnya. Namun kandungan glukosa pada tori gandum akan cepat menurun, sehingga Anda jadi mudah merasal lelah dan mengantuk. 

Demikianlah sejumlah makanan yang bikin ngantuk. Jika ingin mengonsumsi makanan-makanan di atas, maka sebaiknya tidak makan secara berlebih atau memakannya di malam hari. Jika Anda kesulitan tidur di malam hari, maka beberapa makanan di atas bisa jadi solusinya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.