5 Tips Sederhana Mengatasi Rasa Kantuk Setelah Makan
Ilustrasi Orang Makan (Jamie Brown/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pernahkah Anda merasa mata seakan terbuai ingin terpejam seusai makan berat? Rasa kantuk memang tidak ada obatnya selain tidur. Namun, banyak aktivitas seakan menyadarkan diri harus tetap terjaga dan menunda waktu tidur sejenak.

Mengantuk di tengah aktivitas padat memang sangat mengganggu. Namun, tak perlu khawatir karena Anda bisa mengusir kantuk ini dengan beberapa tips simpel berikut ini:

Bergerak

Rasa kantuk usai makan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya proses alami produksi hormon serotonin dan melatonin. Dua hormon tersebut biasanya meningkat saat seseorang mengonsumsi makanan mengandung protein dan karbohidrat.

Agar tidak mengantuk setelah makan, usahakan untuk jangan langsung duduk santai. Anda bisa melakukan aktivitas kecil seperti berjalan atau bergerak.

Lakukan jalan santai setidaknya 10-15 menit usai makan. Cara ini efektif mengurangi rasa kantuk karena membantu melancarkan aliran darah.

Banyak minum air putih

Dehidrasi memberi kontribusi pada rasa ngantuk, lemas, dan sulit berkonsentrasi. Untuk itu, pastikan Anda mengonsumsi air putih cukup agar kebutuhan cairan tetap terpenuhi. 

Kurangnya cairan tubuh juga memengaruhi proses metabolisme dan penyerapan nutrisi makanan. Minum banyak air putih 30 menit sebelum makan dan konsumsi lagi 30 menit usai makan agar proses pencernaan berjalan lancar.

Pilihan menu makanan

Pilihan menu makanan yang kurang tepat dapat menyebabkan mengantuk setelah makan. Makanan dengan kandungan gula tinggi akan menambah efek rasa ngantuk. Sebut saja menu makanan seperti nasi putih, roti, soft drink, dan makanan manis lain memiliki potensi besar penyebab kantuk.

Bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh mengonsumsi, tapi cobalah batasi porsinya. Seimbangkan asupan makanan dengan sumber serat dan protein seperti sayuran dan buah.

Jangan terlalu kenyang

Perut lapar di siang hari kadang membuat orang kalap makan. Tanpa pikir panjang, Anda akan melahap apapun di atas piring. Cobalah kontrol emosi. Semakin kenyang perut, maka organ pencernaan akan semakin bekerja keras dan menyebabkan rasa lelah. Jika sudah sangat lelah, efeknya Anda akan mengantuk setelah mengantuk. 

Makan permen karet

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physiology and Behavior, mengunyah permen karet dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan fokus. Anda bisa mengunyah permen karet usai makan agar tidak mengantuk setelah makan.

Selain membantu mengusir kantuk, permen karet juga membantu membersihkan gigi dari sisa makanan. Pilih permen karet rendah gula dan kunyahlah setidaknya selama 5 menit usai makan. Usahakan minum segelas air usai mengunyah permen karet untuk membilas rongga mulut.

Terkait