Bagikan:

JAKARTA - Musuh utama ketika menempuh perjalanan jauh atau touring menggunakan motor yaitu kantuk, Anda pernah ada di posisi tersebut?

Ketika dipaksakan tetap berjalan dengan kondisi mengantuk tentunya sangat berbahaya bagi pengendara, maupun pengendara lain alhasil bisa menyebabkan kecelakaan.

Tenang saja, ada beberapa cara mudah untuk mengusir rasa kantuk dan tetap fokus selama perjalanan. Instruktur Yamaha, Muhammad Arief, membagikan tips jitu yang bisa dicoba.

"Kalau perjalanan yang ideal itu tergantung dari pengguna, dan disarankan untuk 2 jam sekali istirahat dahulu selama 15 menit untuk menghilangkan kantuk," kata Instruktur YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Mfg Muhammad Arief, saat ditemui di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Pria yang akrab disapa Arief ini juga menyarankan untuk menghilangkan kantuk bisa melakukan pemanasan. Mulai dari bagian kepala hingga kaki.

"Pemanasan bisa dilakukan 5-10 menit, tapi diurut dari mulai kepala, punggung, tangan dan terakhir kaki," tambahnya.

Terutama bagi para pengguna roda dua dengan model matic, ia menyarankan untuk lebih banyak melakukan pemanasan pada bagian tangan karena lebih banyak bekerja dan menahan tumpuan.

"Kalau matic itu tangan lebih banyak kerja, jadi lebih banyak untuk meregangkan jari-jari," paparnya.

Terakhir pria yang menjadi pemandu saat touring Nmax Turbo Jakarta-Yogyakarta ini menyarankan untuk membuka helm ketika sedang beristirahat sejenak.

"Buka helm sebentar untuk relaksasi dan kepala menjadi lebih lega," tutupnya.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, tidak hanya bisa mencegah kecelakaan, tetapi juga menikmati perjalanan dengan lebih nyaman dan aman. Tubuh yang segar dan pikiran yang fokus akan membuat perjalananmu semakin menyenangkan.