Berencana Touring Jarak Jauh? Perhatikan 7 Tips Ini agar Tetap Aman dan Nyaman
Kegiatan touring Yamaha. (Dok. Yamaha Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Perjalanan touring jarak jauh bersama komunitas roda dua dapat menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Namun, sebelum memulai perjalanan tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan kelancaran dan keselamatan selama di perjalanan. 

“Terdapat berbagai hal terkait aspek keselamatan yang perlu diperhatikan oleh para pengendara. Tidak hanya sebatas pada kondisi fisik, namun kondisi motor dan cara berkendara yang baik juga perlu diterapkan," ungkap Muhammad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa, 2 Januari. 

Berikut adalah tips perjalanan jarak jauh dari Yamaha Riding Academy (YRA):

  1. Cek Kondisi Kendaraan Sebelum memulai perjalanan, pastikan motor dalam kondisi prima dengan mengecek seluruh komponen seperti ban, oli, aki, kampas rem, sistem penerangan, dan lainnya. Pengguna Connected Model dari Yamaha dapat memanfaatkan fitur Y-Connect untuk pengecekan lebih praktis melalui smartphone.
  2. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat Persiapkan fisik dengan tidur cukup, menjaga asupan makan dan minum untuk meningkatkan konsentrasi. Istirahat sejenak ketika merasa lelah atau ngantuk untuk memulihkan tenaga dan konsentrasi.
  3. Kenali Rute Perjalanan Memahami kondisi dan karakter jalan yang akan dilewati membantu meminimalisir risiko kecelakaan. Hindari berkendara pada malam hari, terutama di daerah sepi dan minim penerangan.
  4. Patuhi Rambu Lalu Lintas dan Marka Jalan Mengikuti rambu lalu lintas dan marka jalan membantu berkendara secara teratur, terkontrol, dan menghargai pengguna jalan lainnya.
  5. Gunakan Riding Gear yang Layak Pastikan menggunakan riding gear lengkap, nyaman, dan terstandarisasi, seperti helm full face, jaket riding, sarung tangan riding, celana panjang, dan sepatu yang menutup kaki. Gunakan warna cerah pada riding gear agar mudah teridentifikasi oleh pengendara lain, terutama di jalan minim penerangan.
  6. Hindari Membawa Muatan Berlebih Jangan membawa barang berlebih meskipun menggunakan box tambahan, agar motor tetap stabil dan terhindar dari risiko tersangkut dengan kendaraan lain.
  7. Tidak Membonceng Lebih dari 1 Orang Pastikan tidak membonceng lebih dari satu orang, karena tidak hanya melanggar undang-undang lalu lintas, tetapi juga berpotensi membahayakan keselamatan berkendara dan dapat merusak kendaraan akibat kelebihan beban.

Dengan memperhatikan tips di atas, diharapkan perjalanan touring jarak jauh dapat berjalan dengan lancar dan aman bagi semua peserta.