BYD Cetak Rekor Penjualan Mobil Ramah Lingkungan di Tahun 2023
Pabrik baru BYD di Eropa akan berada di Hungaria. (Dok. BYD)

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa otomotif asal China BYD ukir rekor penjualan kendaraan ramah lingkungan sebanyak 3.024.417 juta unit pada tahun 2023, artinya sejalan dengan target ambisius perusahaan tersebut. 

Dikutip dari laman Carnewschina, Selasa, 2 Januari, dengan angka di atas mencerminkan peningkatan tahun ke tahun sebesar 62,3%. Penjualan ini secara signifikan melampaui rekor penjualan tahun sebelumnya sebanyak 1.863.494 kendaraan.

Khususnya, segmen kendaraan komersial BYD telah memainkan peran penting, mencatat penjualan sebanyak 11,511 unit pada tahun 2023. Kategori ini mencakup bus listrik, truk, dan kendaraan lainnya, yang mengalami peningkatan signifikan sebesar 88,2 persen. Pertumbuhan penjualan kendaraan niaga ini melampaui pertumbuhan penjualan perseroan secara keseluruhan.

Tren yang sangat penting dalam segmen ini yaitu lonjakan penjualan model listrik murni, yang berjumlah 1.574.822 unit, menunjukkan pertumbuhan yang kuat dari tahun ke tahun sebesar 72,8 persen. Penjualan kendaraan listrik baterai (BEV) menyumbang 52,3 persen dari total penjualan mobil penumpang, hal ini menunjukkan meningkatnya preferensi konsumen terhadap mobilitas listrik.

Meskipun model plug-in hybrid juga menunjukkan pertumbuhan yang besar, laju pertumbuhannya sedikit lebih moderat dibandingkan kendaraan listrik murni. Penjualan model plug-in hybrid pada tahun 2023 mencapai 1.438.084 unit, mencerminkan peningkatan tahun ke tahun sebesar 52,0 persen.

Tak hanya itu saja, penjualan kendaraan listrik BYD di luar negeri menunjukkan perkembangan yang luar biasa, mencapai total 242.766 kendaraan yang terjual di pasar di luar Tiongkok pada tahun 2023. Angka yang mengejutkan ini mencerminkan peningkatan tahun-ke-tahun sebesar 334 persen, melampaui penjualan kumulatif perusahaan di luar negeri selama hampir dua dekade.

Seperti diketahui, BYD Group terdiri dari empat merek mobil besar, termasuk BYD, Denza (perusahaan patungan dengan Mercedes-Benz), FCB (berfokus pada performa off-road), dan YangWang (merek mewah). 

Memperingati pencapaian ini, BYD memberikan subsidi kepada seluruh dealernya di Tiongkok, menawarkan hadiah sebesar 666 yuan atau Rp1, 4 jutaan untuk setiap mobil yang terjual pada tahun 2023.