5 Hal Sederhana yang Bisa Bikin Hidup Makin Sehat, Penasaran?
Ilustrasi (Juliane Liebermann/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Hidup sehat harus dijalankan sejak dini mungkin. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari hidup sehat. Dari terhindar berbagai macam penyakit, menjadikan tubuh lebih bugar, dan menyehatkan mental. Sayangnya, bagi sebagian orang menerapkan pola hidup sehat merupakan suatu hal yang kerap dianggap sulit. 

Dibutuhkan konsistensi untuk menjalankan pola hidup tersebut. Padahal, pola hidup sehat sebenarnya tidak begitu sulit dijalankan. Dengan melakukan hal-hal sederhana setiap hari, tanpa sadar Anda sudah menjalankan hidup sehat. Berikut ini merupakan hal yang bisa Anda terapkan dalam aktivitas harian yang bisa bikin hidup Anda makin sehat. Apa saja?

Sarapan 30 menit setelah bangun pagi

Konsumsi sarapan memang banyak manfaatnya. Salah satunya, dapat membangkitkan semangat. Sarapan dalam waktu 30 menit setelah bangun tidur dengan menu yang sehat dapat membangkitkan semangat serta meningkatkan kerja sistem metabolisme tubuh.

Sengaja memarkir kendaraan lebih jauh

Jika Anda memarkir kendaraan lebih jauh dari tempat yang ingin dituju, Anda jadi punya lebih banyak waktu untuk berjalan kaki sehingga kalori yang dibakar pun juga akan lebih banyak.

Menghindari penggunaan lift

Tak ada salahnya kalau Anda lebih memilih menaiki tangga daripada lift asal lantai yang dituju juga tak terlalu tinggi. Langkah ini selain membuat kalori terbakar juga melatih kekuatan otot kaki, pantat, dan paha.

Mengantar anak ke sekolah jalan kaki

Anda bisa memulai hari dengan berjalan kaki. Jika terlalu sibuk untuk jogging, Anda bisa mengantar si kecil ke sekolah dengan berjalan kaki kalai jarak antara rumah dan sekolah tidak terlalu jauh. Berjalan kaki selama 30 menit bisa membakar 140 kalori.

Hindari karbohidrat saat sarapan

Karbohidrat terutama karbohidrat putih seperti roti dan nasi mengandung banyak glukosa yang kemudian disimpan menjadi lemak di dalam tubuh. Ganti roti atau nasi dengan karbohidrat yang lebih sehat seperti roti gandum yang lebih banyak mengandung serat.