Eksklusif Cynthia Lamusu Apresiasi Diri dengan Gaya Hidup Sehat
Cynthia Lamusu (Foto: Zaki Muhammad, DI: Raga/VOI))

Bagikan:

JAKARTA - Cynthia Lamusu kembali dengan sejumlah kabar menyenangkan di bulan kedua tahun 2022. Pada 22 Februari lalu, dia baru meluncurkan single terbarunya, Move It setelah merilis lagu Tawakal di tahun 2020.

Selain bermusik, Cynthia Lamusu juga menjadi perbincangan setelah berhasil menerapkan pola hidup sehat. Keberhasilannya menurunkan berat badan hingga 22 kg dalam rentan waktu lima bulan adalah sebuah cerita yang menginspirasi.

Kedua hal itu dipadukan istri Surya Saputra ke dalam musik yang dibantu oleh Kenny Gabriel di posisi produser serta Kyriz Boogieman di bagian rap. Cynthia Lamusu pun menceritakan pola hidup sehat yang mengubah dirinya selama lima bulan belakangan.

Cynthia Lamusu (Foto: Zaki Muhammad, DI: Raga/VOI))

Move It ini single solo pop saya pertama kali lagi setelah 24 tahun lama banget ya. Jadi 24 tahun lalu terakhir melepas lagu solo terus berkarier dengan ABThree. 2020 sempat keluarin religi tapi yang genre pop-nya Move It ini,” kata Cynthia Lamusu memulai pembicaraan.

Butuh waktu lama bagi seorang Cynthia Lamusu untuk menghasilkan single terbaru. Bahkan ia mengaku punya banyak stok lagu lama yang belum dirilis secara publik.

“Aku jujur orangnya moody. Giliran ada ide, pengen direalisasikan. Ini moodnya lagi dapet kemudian aku punya spirit baru yg pengen aku share yang hubungannya sama pola hidup sehat selama 5 bulan,” jelas Cynthia.

Cynthia Lamusu (Foto: Zaki Muhammad, DI: Raga/VOI))

Move It adalah lagu bergenre disco dengan lirik yang berisi semangat dan motivasi untuk menjalani hari. Lagu ini ditulis dan diproduseri Cynthia Lamusu bersama Surya Saputra. Lagu disco ini sudah ditulis pada tahun 2008 dan baru dikerjakan Cynthia ketika sedang mengingat katalog musiknya.

“Aku bikin lagu ini tersimpan lama dan karena olahraga senang pakai lagu-lagu 80s terus ingat “Oh ya aku punya lagu-lagu disco tipe kayak gini” terus ngobrol lah sama Winky Wiriawan, kita brainstorming terus dia mengenalkan aku ke Kenny Gabriel yang kemudian bikin musik Move It,” jelasnya.

Meskipun sudah lama tidak membuat musik, Cynthia Lamusu tidak merasa ada tantangan baru dalam menggarap Move It. Ia dibantu sederet orang hebat yang merealisasikan keinginannya untuk membuat sebuah lagu yang sesuai dengan keinginannya.

“Aku happy banget saat ini momen bahagia dan selebrasi untuk diri aku sendiri ya aku tuangkan lewat single. Sudah 4 tahun terakhir sejak aku rilis lagu anak kemudian tiba-tiba ada ide aja ya bikin single solo lagi,” paparnya.

Pola Hidup Sehat

Cynthia Lamusu (Foto: Zaki Muhammad, DI: Raga/VOI))

Jika Anda pengikut akun Instagram Cynthia Lamusu, tentunya tidak asing dengan postingan Cynthia mengenai pola hidup sehat. Mulai dari rutinitas olahraga pagi sampai ragam sayuran yang tersaji dalam makanannya.

Semua itu dimulai ketika ia mengalami kondisi mudah letih dibandingkan sang ibunda. Cynthia juga merasa tidak begitu peduli dengan badannya karena fokus dengan kehidupan sebagai ibu kala menyambut kelahiran Tatjana dan Bima.

“Aku pernah terjebak di masa tersesat. Jadi gini perempuan itu kan tidak semuanya tapi kebanyakan ketika punya anak, ya pokoknya hidup nomor satu buat anak. Harusnya yang ideal semuanya bisa berjalan dengan baik tapi waktu itu ada masa nya saya tidak bisa mengatur waktu sehingga harus memilih prioritas sampai kepikiran berhenti berkarier,” katanya.

Tidak ingin menyia-yiakan waktu, Cynthia Lamusu dengan mantap mengubah pola hidupnya. Dia melakukan medical check-up, konsultasi dengan dokter ahli nutrisi, hingga membentuk niat agar sukses.

“Jadi yang paling susah itu ngalahin males di diri kita sendiri. Kenapa sukses? Ya jadi didampingi dokter, saya mengubah pola makan, sehat. Semangat itu aku gas terus. Ibarat nyetir mobil itu aku enggak nginjak rem tapi gas terus. Alhamdulillah,” kata Cynthia Lamusu.

Cynthia Lamusu (Foto: Zaki Muhammad, DI: Raga/VOI))

Personil ABThree itu juga tidak luput dari tantangan yang kebanyakan datang dari sang suami, Surya Saputra. Sebagai yang satu-satunya dengan pola hidup sehat, tidak jarang Cynthia harus menyesuaikan situasi di luar rumah.

“Surya (Saputra) itu punya kebiasaan di lokasi syuting jadi jam 1 dia kayak, “Yang… yang bihun goreng” apalah pokoknya makan” kata Cynthia Lamusu.

Tidak hanya turun berat badan, Cynthia juga merasakan efek ketika sempat terpapar COVID-19. Ia sempat mengalami gejala ringan namun tetap bisa berolahraga meskipun harus dikarantina selama beberapa hari.

Cynthia Lamusu (Foto: Zaki Muhammad, DI: Raga/VOI))

Cynthia Lamusu punya cara sederhana yang bisa diikuti banyak orang jika ingin mendapat hasil signifikan seperti dirinya. Salah satunya mulai mempertimbangkan untuk mengurangi konsumsi makanan yang tidak bernutrisi.

“Makannya di jam makan terus niatnya harus kuat. Aku ubah mindset jadi sayangin diri sendiri. Self love itu menerima diri apa adanya. Padahal kalo kita sayang sama orang lain atau suatu benda ya dirawat dong,” sebut Cynthia Lamusu.

Selain itu, olahraga juga bisa dimulai di rumah dengan alat sederhana. Olahraga bisa dilakukan dalam waktu 30 menit setiap harinya.

“Justru orang bilangnya goalnya berhasil justru jangan mengendorkan semangat. Ujian sebenarnya itu sekarang bagaimana kita mempertahankan si pola ini,” papar Cynthia Lamusu.

Cynthia Lamusu juga berusaha mengapresiasi diri, salah satunya dengan merangkum perjalanannya lewat lagu Move It. Tidak hanya itu, ia juga sedang menggarap buku bertema self improvement yang berisi cerita dan tips Cynthia untuk mencapai goal tersebut.

“Bukunya tipe self improvement karena yang aku share itu pola hidup sehat. Apa yang aku alami di Instagram tapi itu baru 50 persen. 100 persennya lengkap di buku,” tutur Cynthia.

Move It juga diyakini bukan satu-satunya rilisan musik Cynthia Lamusu di tahun ini. Ia sedang mempersiapkan sebuah album mini untuk memenuhi kerinduan bermusik solo.